Sabtu, 26 Maret 2011

Macam-macam aliran sulap (seni sulap)

Seni sulap dapat dibagi lagi ke dalam beberapa sub-kategori atau bahasa kerennya aliran, seperti berikut:

1. SLEIGHT OF HAND adalah permainan yang mengandalkan kecepatan tangan pesulap untuk menghilangkan dan memunculkan suatu bendA, meManipulasi jumlah bahkan ukuran benda. Contohnya menghilangkan koin, lalu memunculkannya kembali. Pesulap Tanah Air yang populer menganut aliran ini antara lain Rhomedal, Rizuki, dan Ken.

2. ILLUSION adaLah kemahiran menggunakan peralatan sulap untuk membuat efek yang mustahil menjadi benar terjadi, misalnya memotong tubuh manusia, menghilangkan, memindahkan, memunculkan, atau mengubah suatu benda yang berukuran besar, contohnya pesawat, tank, atau bus. Pesulap ternama di negeri ini yang memainkan illusion adalah Demian Aditya.

3. MENTALISM adalah kemahiran seseorang untuk menggunakan kekuatan pikiran sehingga dapat membuat prediksi dengan tepat, membaca pikiran orang atau menemukan dan menggerakkan sebuah benda tanpa menyentuh. Contoh pesulap penganut aliran ini adalah Deddy Courbuzier, Joe Sandy, den Denny Darko.

4. HYPNOTISM adalah kemampuan memengaruhi prang lain menggunakan kata-kata yang teratur dan diucapkan berulang-ulang (sugesti) agar orang tersebut mau mengikut kemauan si penghipnotis. Dalam sulap, hipnotis digunakan untuk menghibur bukan untuk kejahatan. Contoh pesulap yang populer dengan aliran hipnotis adalah Romy Rafael.

5. ESCAPETOLOGY adalah kemahiran membebaskan diri dari berbagai ikatan dan belenggu pada berbagai keadaan selama waktu tertentu. Contoh ahli meloloskan diri yang paling kondang sejagat adalah Harry Houdini.

6. CARDICIAN adalah kemahiran memainkan kartu untuk menemukan kartu yang dipilih orang lain, memanipulasi kartu, mengubah kartu, dan trik-trik kartu lainnya.

7. BIZARRE adalah kemahiran menggunakan cerita dan kata-kata untuk menyentuh perasaan penonton secara mendalam. Sering kali menggunakan peralatan yang berkaitan dengan hal-hal mistis, alam roh, dan alam gaib.

8. PICK POCKET adalah kemahiran ‘memindahkan’ atau engambil barang yang dimiliki atau dipakai orang lain.

9. BALLOON TWISTING adalah kemahiran meniup dan menekuk balon untuk dibentuk menjadi berbagai macam benda, seperti hewan, bunga, dan topi.

10. VENTRILOQUISM lebih dikenal dengan ‘sulap suara’ atau ‘suara perut’, yang menimbulkan kesan benda mati dapat hidup dan berbicara. Sebagai perantara biasanya digunakan media boneka.

Pustaka
Membongkar Rahasia Sulap Oleh Maxi

http://requestartikel.com/macam-macam-aliran-sulap-seni-sulap-201103633.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar