Jumat, 25 Maret 2011

Kenapa Wanita Memilih Pria Brengsek Untuk Selingkuh


Hasil riset terbaru dari Human Nature mendukung hal yang bisa terjadi di cerita-cerita roman selama bertahun-tahun bahwa wanita cenderung memilih pria yang dominan, kuat, dan tidak pilih-pilih dalam berhubungan intim untuk urusan selingkuh singkat.

Hanya saja, ketika mempertimbangkan hubungan jangka panjang, wanita secepatnya memilih pria yang penuh kasih, sensitif, dan monogami. Demikian papar riset tersebut.

Ketika memberi gambaran dua pola dasar pria ini, yang dideskripsikan dan sebagai cad (si kurang ajar) dan dad (ayah), wanita secara konsisten memilih dad sebagai pasangan jangka panjang. Namun, ketika hubungan itu pendek, wanita cenderung memilih cad.

Dalam sebuah contoh, 60 persen wanita memilih berhubungan seks dengan pria berkarakter cad. Meski begitu, cuma 13 persen pria semacam itu bertunangan dengan putri mereka.

Meskipun ada fakta daya tarik kuat pada cad terhadap wanita, Dr Daniel J Kruger dari University of Mechigan di Ann Arbor memberi saran kepada para pria untuk menerapkan kepribadian “kuda hitam”.

Diungkapkan Daniel,cad adalah tipikal pria berposisi kuat dan pemimpin seperti pemimpin perusahaan atau bintang olahraga. Hanya minoritas pria yang punya kategori seperti itu.

“Dan menjadi pria dominan, amat sangat sukses, dan tidak pilih-pilih dalam berhubungan seks adalah sulit dipalsukan. Tidak semua pria selalu sukses menjadi cad. Anda tidak akan mendapat banyak kencan dengan bertingkah seperti orang brengsek,” imbuhnya.

Dalam studi yang dilaporkan jurnal Human Nature, Kruger dan timnya meminta 27 mahasiswi untuk membaca literatur berbahasa Inggris dari abad ke-17 dan 18 yang menggambaran karakter yang cocok dengan satu dari dua tipe kepribadian itu. Sekitar 70 persen mahasiswi itu berlatar belakang non-Eropa Barat.

Dalam alinea bacaan ini, karakter dad digambarkan pria rumahan, damai, suka buku, lembut, dan penuh kasih. Sebaliknya cad digambarkan arogan, pemberontak, moody, kuat, dan selalu bergandengan dengan perempuan cantik.

Para mahasiswi itu kemudian menjawab sejumlah pernyataan mengenai karakter mana yang mereka pilih di situasi berbeda, misalnya selingkuh, perjalanan, perkawinan, atau menantu di masa depan.

Para peneliti menemukan bahwa wanita cenderung memilih karekter dad pada waktu perjalanan tiga minggu dan untuk menjadi pasangan atau menantu. Namun, lebih banyak wanita berkata mereka ingin berselingkuh dengan karakter cad dibanding dad.

Dalam sebuah wawancara, Kruger mencacat bahwa wanita memilih berumah tangga dengan tipe dad karena mereka akan tinggal berdua dan membantunya membentuk keluarga. “Anda dapat memikirkan para pria ini sebagai dad karena mereka akan mendampingi keluarga sebagai ayah dan figur ayah,” ungkapnya.

Jadi mengapa memilih berhubungan seks dengan karakter cad, yang juga dapat menghasilkan anak?

”Tren itu dapat dijelaskan dengan hipotesis anak lelaki seksi,” kata Kruger, yang mengajukan teori bahwa jauh di dalam hatinya wanita kadang percaya bahwa anak yang dihasilkan dari hubungan dengan cad akan menghasilkan karakter yang sama. Akhirnya cad itu akan berhubungan seks dengan banyak wanita dan menghasilkan banyak cucu.

Fakta bahwa pada abad 21 wanita bereaksi seperti itu terhadap stereotip yang dibentuk bertahun-tahun silam memberi saran bahwa respons terhadap cad dan dad ada dalam jangka waktu yang panjang, demikian catatan Kruger.

“Ini menunjukkan bahwa ini adalah sesuatu yang telah mendarah daging dalam masyarakat kita,” katanya.

sumber: http://ditonews.blogspot.com/2011/03/kenapa-wanita-memilih-pria-brengsek.html
Baca selanjutnya...

17 Sebab Pria Selingkuh


Poling yang dilakukan terhadap lelaki berusia 25-35 tahun dari berbagai profesi terungkap, terdapat perbedaan yang cukup krusial antara batasan selingkuh di mata mereka dan Anda. Ada yang bilang, kalau hanya kencan biasa itu bukan selingkuh.
Yang lainnya mengatakan bahwa mereka baru boleh dicap selingkuh kalau sudah sampai berhubungan fisik, seperti one night stand. Dari mereka yang mengaku berselingkuh, pertanyaannya kemudian, mengapa mereka bisa sampai tidak tahan terhadap godaan perempuan lain? Inilah pengakuan mereka.

1. Standar berubah
Di awal pacaran, faktor ketertarikan fisik biasanya dominan. Seiring berkembangnya hubungan, standar ini bergeser. Ada kebutuhan lain yang jadi prioritasnya yang dalam pandangannya tak bisa dipenuhi pasangan.

2. Butuh tantangan
Beberapa pria menganggap perselingkuhan seperti tantangan. Butuh nyali besar dan kepintaran atur strategi untuk main api tanpa ketahuan. Selain itu, mereka juga tak bisa lupa asyiknya menaklukkan lawan jenis.

3. Rehat dari Komitmen
Saat hubungan mulai serius, ada komitmen yang harus dipegang. Keadaan ini kerap membuat mereka terbebani. Mereka butuh pelarian, dan yang mereka pilih adalah perempuan lain.4. Ego
Ternyata, bagi sebagian besar lelaki, tak ada yang lebih bisa mendongkrak percaya dirinya daripada kenyataan bahwa masih ada perempuan selain pasangan yang tertarik padanya.

5. Bosan ah..
Dengan alasan jenuh pada pasangan, mereka berselingkuh. Bersama perempuan lain, mereka seperti menemukan kesegaran baru. Ada pengalaman baru yang mereka temui, dan ini membuat mereka bergairah.

6. Just for fun
Jika perempuan lebih banyak dikuasai oleh otak kanan, maka mereka lebih dikuasai otak kiri. Mereka jarang dikuasai emosi sehingga di mata mereka, perselingkuhan tidak memerlukan keterlibatan emosi tinggi.

7. Tak Tahan Godaan
Tak ada kucing yang menolak ikan, begitu anekdot untuk para pria mata keranjang. “Siapa yang tahan digoda perempuan cantik? Sekuat-kuatnya pertahanan, lama-lama runtuh juga,” dalih Rio (27), marketing sebuah bank.


8. Koleksi dan Seleksi
Bagi sebagian pria, selama janur kuning belum melengkung, berkencan dengan perempuan lain adalah wajar. “Lebih baik selingkuh sebelum menikah kan daripada setelahnya? Walau sudah serius kan bukan berarti dia jodoh saya. Daripada salah pilih, lebih baik lihat-lihat dulu,” kata Sofyan (30), desainer web.

9. Rebounds
Alasan klasik ini masih sering digunakan para lelaki untuk melegalisasi perselingkuhan mereka. Mereka berselingkuh karena pasangannya lebih dulu berselingkuh.

10. Tidak Puas
Mereka mudah pindah ke lain hati jika tak puas terhadap pasangannya, baik dalam soal fisik maupun emosi. Lebih dari satu saja kebutuhan mereka tidak terpenuhi, dia dengan gampangnya menerima perempuan lain.


11. Gap Komunikasi
Komunikasi yang sering tak nyambung dengan pasangan dijadikan alasan mereka untuk berpaling pada perempuan lain yang lebih bisa diajak ngomong.

12. Terlalu Posesif
Ke mana pun pergi atau apa pun yang dikerjakan, harus lapor kepada pasangannya. Ketika kebebasan tak didapat, mereka akan mencuri-curi. Laki-laki seperti anak kecil, makin dilarang, mereka makin bengal.

13. Pasangan Susah Gaul
Anda sering menolak diajak kumpul, padahal mereka senang memamerkan pasangannya ke lingkungan pergaulannya. Apalagi, jika teman-temannya memuji Anda. Anda yang dipuji, dia lho yang merasa bangga.


14. Pasangan Kelewat Manja
Harus mengantar ke salon, sering mengeluh kepanasan merupakan kemanjaan perempuan yang kalau kelewat sering mereka dengar bisa jadi alasan untuk kabur ke perempuan yang lebih mandiri. Menurut mereka, kombinasi antara sikap manja dan mandiri sangat dibutuhkan dalam hubungan.

15. Minder dengan Pasangan
Punya pasangan yang lebih sukses darinya kadang jadi bumerang. Di satu sisi dia ingin perempuannya mandiri, tapi di sisi lain egonya sebagai laki-laki menginginkan dia yang harus lebih sukses.

16. Terlalu Mengatur
“Tidak ada yang lebih membuat saya merasa gerah daripada menghadapi pasangan yang hobi mengatur, bahkan sampai pilihan kaus kaki yang harus saya pakai,” kata Deni (30), staf IT.


17. Memang Dasarnya Tak Setia
Perempuan bagi mereka hanya untuk sekadar senang-senang saja. Dia menebarkan rayuan maut kepada setiap perempuan. Dia tidak pernah setia karena baginya kesetiaan adalah barang langka.

sumber: http://ditonews.blogspot.com/2011/03/17-sebab-pria-selingkuh.html
Baca selanjutnya...

10 Tempat Wisata Kebanggan Indonesia

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Barat,yaitu bagian timur Indonesia. Binatang yang tercatat sebagai reptile terbesar, bernama Komodo, berada di pulau ini gan.Tempat ini merupakan lokasi wisata yang bagus bagi wisatawan yang ingin merasakan petualangan alam dengan melihat Komodo.

10.Pulau Komodo
Komodo ini biasa disebut wisatawan asing sebagai The Real Life Dragons.Bentuk permukaan pulau Komodo juga unik, ada padang gurun, rumput, maupun perbukitan.Sekitar 1200 spesies komodo hidup di pulau ini.

9. TANGKUBAN PERAHU

salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia.Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung,dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.Bentuk gunung ini adalah Maar atau perisai yang telah meletus 400 tahun lalu.

8. PANTAI PANGANDARAN

Pantai Indah Pangandaran adalah salah satu objek wisata pantai di Jawa Barat.Pantai ini terletak di Desa Pananjung,Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis.

7. TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Taman Mini Indonesia adalah suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Berbagai macam rumah daerah dan berbagai macam kebudayaan Indonesia terangkum disini, sehingga memudahkan wisatawan untuk melihat overview dari Indonesia.
6. TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL

Sebagai kawasan wisata, Taman Impian Jaya Ancol ternyata sudah berdiri sejak abad ke-17. Waktu itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Adriaan Valckenier, memiliki rumah peristirahatan sangat indah di tepi pantai. Seiring perjalanan waktu, kawasan itu kemudian berkembang menjadi tempat wisata

5. BUNAKEN

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia.
Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektar, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.
4. PANTAI SENGGIGI

Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah ditengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.
3. BOROBUDUR
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

2.DANAU TOBA

1.KUTA (BALI)

Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia.

sumber: http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=90266
Baca selanjutnya...

Modus Kejahatan Baru, Cewek Cantik Tawarkan Payudaranya Untuk Di Hisap

Berita heboh terkini. Hati-hati bagi para kaum lelaki terutama yang berjiwa hidung belang. Kini muncul modus kejahatan baru yaitu cewek cantik yang pura-pura merelakan payudaranya untuk di hisap. Inilah yang terjadi pada salah seorang tukang ojek di indramayu.

Sebut saja namanya Sar, seorang tukang ojek warga santing kecamatan losarang. saat dia mangkal di pangkalan ojek terlihat cewek cantik baru turun dari angkot lalu kemudian menghampirinya. setelah tawar-menawar harga, akhirnya sar mengantar cewek itu ke tempat tujuan yang di maksud.

Tapi sampai di tengah jalan mendadak cewek itu minta berhenti alasanya karena matanya kelilipan kena debu.
setelah berhenti terlihat cewek yang berumur 23 tahunan itu mengelap matanya dengan bagian bawah kaos yang ia pakai. Saat bersamaan si tukang ojek melihat bagian payudara yang kelihatan karena kaosnya terangkat ke atas .
"mbak yu, maaf susunya kelihatan. gak pake kutang yah ?" kata sar
Cewek itu bukannya malu di tegur tukang ojek malah tambah menawari kalau mas mau silahkan saja di hisap..
Tanpa panjang lebar lagi sar langsung menghisap payudara sang cewek.

Namun apa daya setelah melakukan aksi kotornya sar kemudian pingsan. kemungkinan payudaranya sudah di olesi dengan obat bius. setelah sar sadar, motor dan dompetnya sudah hilang di bawa kabur.
Apes memang...

Pihak kepolisian yang menerima laporan sar tersebut langsung tersenyum2. mereka berjanji akan secepatnya menangkap si pelaku.
mungkin para polisi juga penasaran ingin melihat barang bukti yang di pakai untuk kejahatan yah..
xixixixixi......
makanya jadi lelaki yang beriman, jangan mudah tergoda rayuan setan.

sumber: VIVAnews.com
Baca selanjutnya...

Inilah sejarah dan kehebatan huruf T dibandingkan huruf lain


Tatkala Temperatur Terik Terbakar Terus, Tukang Tempe Tetap Tabah,
"Tempe-tempe" , Teriaknya.
Ternyata Teriakan Tukang Tempe Tadi Terdengar Tukang Tahu,
Terpaksa Teriakannya Tambah Tinggi, "Tahu…Tahu. ..Tahu… !"
"Tempenya Terbaik, Tempenya Terenak, Tempenya Terkenal!!", Timpal Tukang Tempe.
Tukang Tahu Tidak Terima, "Tempenya Tengik, Tempenya Tawar, Tempenya Terjelek…. !"
Tukang Tempe Tertegun, Terhenyak, "Teplakkk… !" Tamparannya Tepat Terkena Tukang Tahu.
Tapi Tukang Tahu Tidak Terkalahkan, Tendangannya Tepat Terkena Tulang Tungkai Tukang Tempe.
Tukang Tempe Terjengkang Tumbang! Tapi Terus Tegak, Tatapannya Terhunus Tajam Terhadap Tukang Tahu.

sumber: http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=90939
Baca selanjutnya...

Ini Daftar Kenaikan Gaji PNS


Pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sekitar 10-15 persen tahun ini. Dengan kenaikan itu, gaji pokok PNS akan meningkat mulai dari Rp1,175 juta hingga Rp4,1 juta per bulan.

Kenaikan gaji pokok itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketigabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Selain gaji pokok, PNS juga menerima tunjangan lainnya seperti tunjangan fungsional, tunjangan jabatan, bahkan tunjangan kinerja yang nilainya melebihi gaji pokok. Tunjangan kinerja ini terutama didapatkan pegawai yang bekerja di kementerian yang telah disetujui pelaksanaan reformasi birokrasi-nya.

Menurut Dirjen Perbendaharaan, Agus Supriyanto, tunjangan struktural yang diterima mencapai Rp6 juta untuk eselon I. Total untuk golongan IV e atau setingkat wakil menteri keuangan dapat membawa pulang gaji Rp40 juta.

Berikut ini beberapa rincian kenaikan gaji PNS 2011 dari golongan terendah ke tertinggi:

Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.175.000
Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 10 tahun Rp1.346.800
Pegawai Golongan I a dengan masa kerja 26 tahun Rp1.675.200

Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.505.400
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 11 tahun Rp1.749.600
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 21 tahun Rp2.004.900
Pegawai Golongan II a dengan masa kerja 33 tahun Rp2.361.400

Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 0 tahun Rp1.902.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.180.300
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.499.000
Pegawai Golongan III a dengan masa kerja 32 tahun Rp2.943.400

Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 0 tahun Rp2.245.200
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 10 tahun Rp2.537.300
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 20 tahun Rp2.949.400
Pegawai Golongan IV a dengan masa kerja 32 tahun Rp3.473.900

Sementara itu, untuk pejabat eselon I, yaitu golongan IV d dan golongan IV e adalah:

Golongan IV d masa kerja 0 tahun Rp2.542.300
Golongan IV d masa kerja 10 tahun Rp2.913.900
Golongan IV d masa kerja 20 tahun Rp3.339.700
Golongan IV d masa kerja 32 tahun Rp3.933.600

Golongan IV e masa kerja 0 tahun Rp2.649.900
Golongan IV e masa kerja 10 tahun Rp3.037.100
Golongan IV e masa kerja 20 tahun Rp3.481.00
Golongan IV e masa kerja 32 tahun Rp4.100.000

daftar kenaikan Gaji PNS selengkapnya klik disini

sumber: VIVAnews.com
Baca selanjutnya...

Komputer 1 Milimeter Kubik


Kemajuan teknologi memungkinkan perangkat elektronik untuk menjalankan sebuah fungsi yang sama dengan ukuran yang semakin mengecil.

Belum lama ini, situs Techreview mengupas sebuah sensor komputer nirkabel yang ukurannya hanya satu milimeter kubik. Alat supermini ini berfungsi sebagai sebuah implan yang dipasang di mata seorang penderita penyakit glukoma.

Kendati ukurannya yang sangat kecil, perangkat elektronik ini sudah menggabungkan berbagai jenis piranti keras, meliputi sebuah prosesor, memori, sensor tekanan, sel surya, film tipis baterai lithium, serta sebuah transmitter.

Alat besutan para ilmuwan dari University of Michigan itu berguna untuk membaca tekanan pada mata penderita glukoma selama 24 jam, dan mentransmisikan data tersebut kepada dokter yang menangani pasien tersebut.

Pembacaan tekanan oleh sensor diambil setiap 15 menit sekali, dan perangkat itu akan menyimpannya ke dalam memori, sebelum alat itu kemudian mengunggahnya ke perangkat eksternal. Sel surya alat ini ukurannya hanya 0,007 milimeter persegi secara konstan menyuplai baterai.

Sel surya ini harus disinari matahari sekitar 1,5 jam atau setidaknya terkena cahaya luar ruangan selama 10 jam.

Menurut insinyur dari University of Michigan, Dennis Sylvester, tantangan utama dari alat ini bukanlah ukuran rangkaian listrik yang sangat kecil, melainkan kecilnya tenaga listrik yang mampu disuplai oleh baterai. Semua komponen didesain untuk memakai tenaga listrik sesedikit mungkin.

Oleh karena itu, para ilmuwan membuat alat ini dengan teknologi pemrosesan 180 nanometer, bukan 32 nanometer. Sebab, semakin kecil rangkaian listrik, akan semakin banyak kebocorannya. Sementara, sel memori juga didesain untuk bekerja pada tegangan 400 milivolt, bukan 1 volt.

Sensor tekanan hanya mengonsumsi rata-rata 5,3 nanowatt. Prosesor bekerja pada 100 kilohertz (KHz) bukan 1 GHz seperti pada kebanyakan ponsel. Dan memori yang ada memiliki daya tampung 4 kilobit.

Dengan kapasitas yang kecil, perangkat transmitter nirkabel bertugas untuk mengirimkan data dari memori secara nirkabel ke sebuah tempat penyimpanan lebih besar yang jaraknya 10 cm dari letak alat implan ini.

Sensor kecil seperti ini tentu saja juga bisa dibuat untuk berbagai keperluan pengawasan biomedis lain, seperti menelusuri perkembangan tumor, mengawasi perkembangan polutan di lingkungan tertentu, atau menyediakan sistem pengamatan untuk tujuan keamanan. (art)

sumber: VIVAnews.com
Baca selanjutnya...

Gedung Segitiga Anti Badai


Kenangan pahit di masa lalu memang bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk memperbaiki masa depan.

Ini mungkin yang akan terjadi pada kota New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, yang terkena musibah hebat Badai Katrina pada 2005.

Kini, sekelompok desainer dari Boston berupaya membangun kembali New Orleans dengan membuat sebuah gedung jangkung bergaya futuristik yang diklaim kebal terhadap serangan badai serupa.

Mereka telah menyerahkan proposal untuk mendirikan bangunan raksasa itu di pinggiran Sungai Mississippi.

Bangunan yang diberi nama New Orleans Arcology Habitat atau disingkat NOAH, itu memiliki tinggi 1.200ft (365,76 meter), dengan luas 2.787.091,2 meter persegi dan mampu menampung hingga 40 ribu orang penghuni.

NOAH akan menyediakan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh sebuah kota, meliputi hotel, pertokoan, kasino, bahkan sekolah. Bangunan ini mengambil bentuk segitiga karena didesain khusus untuk menerima efek daya rusak yang minimal dan bisa melewatkan terjangan badai.
"Solusi kami adalah untuk mengatasi berbagai tantangan dan mengambil keuntungan dari konflik yang dialami oleh bangunan urban yang mengapung," kata Kevin Schopfer desainer konsep bangunan ini, seperti dikutip dari situs DailyMail.

Tantangan pertama, kata Schopfer, adalah menemukan cara agar bangunan bisa bertahan dari kerusakan fisik dan psikologis akibat cuaca yang tak bersahabat. Selain itu, bagaimana agar kota bisa tetap menyediakan lingkungan yang aman dan stabil dalam hal ekonomi.

Tantangan lainnya adalah karena kota New Orleans berada di atas struktur tanah yang lunak, berupa endapan lumpur dan tanah lempung. Tak hanya itu, sebagian kota ini juga memiliki ketinggian di bawah permukaan air laut sehingga sangat rawan terhadap banjir.

Namun, struktur yang dirancang untuk NOAH ternyata tak cuma cocok untuk New Orleans. Schopfer percaya, bangunan ini bisa diterapkan di wilayah pantai urban manapun. "NOAH bisa menjadi bagian terdepan dari era baru pertumbuhan urban." (umi)

sumber: VIVAnews
Baca selanjutnya...

Harimau 'Gigi Pedang' Purba Ini Vegetarian


Ilmuwan Amerika Serikat terkejut saat melihat hasil penelitiannya tentang hewan terkuat di dunia, Harimau Sabertooth, yang diperkirakan hidup pada 260 juta tahun lalu. Keterkejutan itu bukan karena kemampuannya mencari mangsa, tapi karena karakteristik makanan. Peneliti menemukan ada jenis dari hewan ini yang vegetarian.

Seperti dilansir harian The Straits, Jumat 25 Maret 2011, peneliti menemukan sisa-sisa jenis tumbuhan di antara taring-taring giginya yang begitu menyeramkan.

Kucing raksasa seukuran anjing besar itu memiliki taring sepanjang sekitar 13 centimeter. Karakteristik taring sepanjang itu biasanya digunakan hewan untuk menangkap dan membunuh mangsanya sekaligus.

Dalam jurnal yang diterbitkan hari ini, Harimau Sabertooth yang memiliki kebiasaan vegetarian itu diduga hidup di dataran Brazil. Lalu, untuk apa gigi-gigi taringnya yang menyeramkan itu?

Menurut pimpinan peneliti dari Universitas Piaui di Timur Laut Brazil, Juan Carlos Cisneros, gigi-gigi yang panjang itu hanya digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Misalnya, taring-taring itu digunakan saat perebutan teritori tempat hidup dan melindungi si betina. "Temuan hewan jenis ini menunjukkan bahwa betapa alam ini sangat kreatif memberikan solusi untuk kehidupan," kata Juan Carlos.

Harimau Sabertooth juga dikenal sebagai Harimau gigi pedang. Dengan taringnya yang menakutkan, hewan ganas ini paling populer dari binatang yang hidup di zaman es.

Pada umumnya, mereka merupakan karnivora yang paling mengesankan yang pernah hidup. Ada dua macam Sabertooth di dunia ini. Pertama, Harimau gigi pedang dari barat Amerika yang terkenal pada akhir zaman es. Kedua, harimau gigi pedang dari genus Smilodon. Harimau gigi pedang ini diperkirakan memakan binatang besar seperti kuda, kerbau, dan rusa.

sumber: VIVAnews
Baca selanjutnya...

Riset kata kunci untuk posisi lebih baik di search engine

Riset kata kunci atau 'keyword research' adalah salah satu hal penting terutama dalam hal mendapatkan traffic yang alami (organic traffic) dari search engine. Keyword research yang tepat dan bagus bermanfaat untuk membidik target kata kunci mana yang dapat mendatangkan traffic dan tentunya mendapatkan posisi bagus di halaman hasil pencarian pada mesin pencari (SERPs).

Ini adalah tentang mengevaluasi pesaing (website kompetitor). Kesalahan dalam riset kata kunci akan berakibat fatal dan menghabiskan waktu dengan sia sia saja. Berikut ini 5 hal yang perlu diperhatikan pada saat mengevaluasi website atau blog yang berada di sepuluh peringkat teratas Google SERPs.

Perhatikan PageRank
Kita tahu secara dasar bahwa PR tinggi menunjukkan tingkat penting tidaknya sebuah website. Paling umum penilaian Google adalah dari banyakya link ke situs dan relevansi. Perhatikan apakah 10 website kompetitor Anda mempunyai PageRank yang tinggi? Jika iya maka lebih baik mencari keyword yang lain.

Jika 10 situs di urutan pertama Google mempunyai rata rata PR6, lebih baik segera beralih mencari keywird lain. Tetapi jika hanya PR 4 kebawah silahkan teruskan upaya keyword research ini. Temukan, kadang kadang situs situs dengan PR 4 ke bawah yang ada di urutan 10 besar mesin pencari dengan kata kunci tertentu, seringkali tidak mentarget kata kunci yang ANda bidik. Disinilah kesempatan untuk masuk dan bersaing dalam kata kunci itu dengan mengupayakan backlink yang lebih baik dan tentunya SEO yang lebih ok pula, baik onpage maupun offpage seo.

Intensitas pesaing
Apakah situs situs yang ada juga mentargetkan kata kunci yang Anda bidik?apakah mereka menggunakannya di title, url, image tag di konten dll?. Kita tahu Google dapat menemukan kita melalui banyak cara dan kemungkinan. Maka tempuh semua cara dan kemungkinan itu yang mungkin tidak terdapat di situs pesaing kita.

Sebagai contoh, taruhlan mereka para pesaing telah dengan bagus melakukan SEO onpage misalnya, perhatikan apakah mereka juga bagus dalam seo offpage.

Domain Age atau umur website
Umur situs atau yang sering kita kenal dengan 'site age', dapat menjadi faktor dalam penentuan situs mana yang perlu ditampilkan di halaman hasil pencarian sesuai dengan kata kunci atau frase kata kunci tertentu. Disinilah mengapa biasanya yang berada di 10 besar kebanyakan situs yang sudah cukup berumur.

Lalu bagaimana dengan niche sebuah situs? apa berpengaruh?. jelas berpengaruh. Banyak situs situs yang ditampilkan di urutan 10 besar, padahal isi kadang tidak relevan sama sekali. Ini hanya karena situs dengan isi yang relevan kalah dalam hal seo, backlick dan paling jelas biasanya kalah dalam hal siteage atau umur domain.

Jumlah backlink
Untuk mentarget kata kunci baru untuk website baru, tentunya dibutuhkan backlink yang tentunya dipunyai oleh kompetitor Anda dengan baik sekali. Perhatikan jumlah backlink kompetitor dengan menggunakan tool seperti seo elite(tidak gratis), atau menggunakan tool tool yang lain yang gratis.

Kita tahu jumlah backlink selain berpengaruh terhadap PR juga berpengaruh terhadap hasil pencarian di mesin pencari. Banyak webmaster menyarankan untuk konsentrasi pada backlink ke halaman utama dan bukan ke halaman tertentu posting dll).

Kualitas backlink(s)
Ini juga kadang diacuhkan oleh kebanyakan orang. Tidak cukup hanya memperbanyak backlink saja tetapi kualitas backlink juga penting diperhatikan. Seperti contoh jika terdapat backlink 1000 saja mengarah ke website kita, sementara kebanyakan hanya dari PR0 sampai PR1 saja, apalagi jika kebanyakan juga nofollow, jelas tidak akan berpengaruh banyak terhadap rangking mesin pencari.

Backlink yang baik biasanya, berada di halama utama (blogroll), ditulis lengkap dengan rel dofollow dan anchor text yang sesuai dengan kata kunci kita. Terlebih jika website yang link ke kita adalah sefaham (relevan) dan mempunyai PR yang lumayan. Ini akan langsung berpengaruh telak terhadap posisi pencarian website kita di mesin pencari. Untuk mengalahkan kompetitor, tentunya harus mempunyai backlink yang lebih baik agar mesin pencari juga lebih baik kepada website kita.

Melakukan riset kata kunci (keyword research) memang melelahkan dan memakan waktu, tapi apa boleh buat karena ini penting jika ingin posisi lebih baik di mesin pencari. Ingat..kompetitor dengan posisi tinggi juga melakukan hal yang sama sebelumnya.

sumber: http://furqonblumah.blogspot.com/2010/06/riset-kata-kunci-untuk-posisi-lebih.html
Baca selanjutnya...

Macam jenis marketing dalam bisnis online

Tujuan akhir dari semua upaya pemasaran adalah terciptanya tindakan penjualan dan pembelian. Sama halnya dengan bisnis online dan internet marketing, terciptanya transaksi adalah final. Banyak sekali jenis upaya dan usaha yang bisa dilakukan guna mencapai tujuan tersebut. Begitu juga banyak media yang bisa digunakan untuk mendukung suksesnya upaya tadi.

Secara khusus disini adalah upaya yang dilakukan untuk tujuan terciptanya tindakan pembelian oleh costumer dalam bisnis online yang selanjutnya kita kenal dengan istilah internet marketing. Secara singkat, 'Internet marketing' adalah upaya pemasaran yang dilakukan di internet. Apa saja jenis dan macam 'pemasaran internet' guna terciptanya sukses penjualan di bisnis online? mari kita coba lihat satu persatu.

Kita sering mendengar banyak istilah berkaitan internet marketing ini seperti, SEM (search engine marketing), email marketing, salesletter, pay per click (PPC) marketing dan yang terpopuler dan banyak digunakan saat ini adalah video marketing dan social media marketing. Penjelasan singkat berikut tentang macam macam dan jenis marketing di bisnis internet semoga sedikit membantu:

Search engine marketing (SEM)
pemasaran mesin pencari, adalah jenis upaya pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai medianya. Ini adalah tentang bagaimana mendapatkan posisi 10 besar mesin pencari atau setidaknya ada di halaman kedua serps dengan kata kunci niche kita. Berada di urutan halaman pertama hasil pencarian jelas akan kedatangan pengunjung yang datang melalui kata kunci yang berkaitan. Pengunjung yang datang ke website akan melihat isi website dan disinilah peran search engine marketing berada.

Sebenarnya sejauh mana peran search engine dalam marketing yang dimaksud ini? secara mendasar perannya hanya mendatangkan traffic. Tetapi traffic yang datang dari mesin pencari bukanlah sembarang traffic, karena kebanyakan atau setidanya lebih banyak adalah pengunjung yang ditarget sesuai kata kunci. Inilah sumber traffic dan pengunjung yang terbaik dalam bisnis online dan internet marketing. Namun ini juga yang terberat karena ini adalah berkaitan dengan SEO atau search engine optimization. Menguasai SEO atau setidaknya mengerti SEO adalah kebutuhan utama ketika ingin menggunakan marketing melalui search engine. Sekali lagi ini adalah tentang persaingan melawan ribuan atau bahkan jutaan situs pesaing bertema kata kunci sama.

E-mail marketing dan salesletter
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau salesletter. Ini juga jenis yang sampai saat ini masih menjadi andalah para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya secara online di internet. Bagaimana email dan salesletter ini bekerja? Anda pasti pernah menerima email yang berisi uraian, cerita, ajakan dan apapun yang akhirnya menuju ke sebuah atau beberapa link untuk dikunjungi bukan. Itulah email marketing. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang atau beberapa orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan salesletter adalah isinya.

Bagaimana mendapat alamat email untuk dikirimi salesletter? inilah yang sedikit sulit karena butuh proses dan metode yang benar. Bisa saja sebenarnnya mendapatkan alamat email dari koleksi atau ngumpulin satu persatu dari mana saja, lalu dikirim email. Tetapi ini jelas akan dianggap spam. Cara mendapatkan alamat email yang benar ini lazimnya melalui form subsciber dan biasanya terhubung langsung dengan layanan 'autoresponder' (tidak gratis) yang akan menyimpan dan mengatur alamat email untuk dikirim email secara sah dan benar sehingga tidak dianggap spam. Kita akan membahas email marketing dan salesletter lebih dalam di lain posting insya'Allah.

PPC atau pay per click marketing
Ketika membicarakan traffic, maka jenis pengunjung atau traffic dari PPC disebut dengan istilah 'paid traffic' atau traffi yang bisa kita beli. Ingat ada dua macam traffic yakni, organic traffic dan paid traffic. Nah secara singkat PPC marketing ini adalah upaya pemasaran produk melalui iklan dengan membayar yang dihitung dari tiap klik pada publisher. Menurut banyak webmaster ini adalah cara termudah untuk mendapatkan traffic, bahkan pemula bisa mahir menggunakannya dan mendapatkan ribuah traffic dalam semalam saja. Join ke situs situs PPC, lakukan sign up, ikuti petunjuknya dan tunggu 1 jam kemudian traffic akan datang. Itu saja yang perlu dilakukan.

Google Adword (yang iklannya muncul di AdSense dan sebelah kanan halaman SERPs) dan Chitika Premium adalah contoh PPC terpopuler dan paling banyak digunakan oleh internet marketer dunia. Di lingkungan lokal banyak juga terdapat situs situs PPC seperti Kumpulblogger, AdSenseCamp, Kliksaya dan banyak lagi. Tetapi ada banyak masalah sebenarnya tentang PPC lokal yang akan kita bahas di lain posting.

Video marketing
Mendapatkan pengunjung dengan menggunakan video sebagai media marketing adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buatlah video dan unggah (upload) ke situs situs video sharing terkenal seperti Youtube dan lain sebagainya. Bagaimana video marketing bekerja?. Video yang diunggah adalah bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya. Nah dari video ini, seperti di Youtube ada author video dan fasilitas watermark yang bisa digunakan untuk menaruh link link. Nah dari sanalah datang pengunjung.

Hampir tidak ada persayaratan tertentu untuk mengunggah video seperti di Youtube. Video apa saja bisa disimpan disana dan siap disaksikan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Kembali ke marketing video, masalahnya adalah bagaimana sebuah video disukai dan ditonton banyak orang. Banyak hal yang dapat kita masukkan dalam video yang menarik banyak pengunjung. Sama halnya dengan sebuah kata kunci dalam SEO, buatlah (uploadlah) video yang sekiranya banyak dicari dan disukai orang. Tidak harus yang berbau maaf "porno", mesum dan semacamnya meskipun dalam kenyataan kebanyakan orang mencari dan menyukai hal tersebut. Seperti contoh pada bulan Juni 2010 ini video mesum ariel dan luna maya dan juga cut tari selain menjadi topik paling dibicarakan di twitter juga menjadi video yang paling dicari di Internet.

Social media marketing
Seperti kita ketahui pengguna social media seperti facebook dan twitter begitu banyak jauh diatas melampui media media lain di internet. Oleh karena itu pula social media khususnya facebook dan twitter menjadi media internet marketing yang paling baik. Bagaimana ini bekerja? mudah saja. Misal Anda mempunyai 1000 teman di facebook itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik link yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung. Bukankah ini sangat bagus?. Selain itu gunakan facebook fanpage, facebook note dan lain sebagainya. Itu yang gratis.

Ada satu lagi pilihan lain yaitu dengan memasang iklan di facebook. Memasang iklan di facebook juga menggunakan sistem PPC atau pay per click. Cara ini juga dianggap cara paling mudah mendapatkan traffic. Cukup pasang iklan di facebook, dan lihatlah beberapa jam kemudian pengunjung berdatangan ke situs Anda. Itulah social media marketing.

Itulah macam macam dan jenis jenis media yang biasa digunakan di internet sebagai alat marketing dan bisnis online. Menggunakan semua media yang ada dan mencoba mengambil semua kesempatan mendapatkan traffic dan pengunjung adalah sangat baik dalam kesuksesan bisnis di internet. Ini bisa menjadi cara yang jitu dan mematikan jika saja menggabungkan dan menggunakan kesemuanya secara bersamaan dan profesional.

Bagaimana dengan Sobat blogger semua? apa sudah menggunakan semuanya? atau malah belum menggunakan satupun dari media media internet marketing di atas? Saya tertarik untuk mengetahuinya di komentar..terimakasih semoga bermanfaat.

sumber: http://furqonblumah.blogspot.com/2010/06/macam-jenis-marketing-dalam-bisnis.html
Baca selanjutnya...

Haruskah Pemula Pusingkan SEO?

Salah satu istilah yang paling sering kita dengan ketika memasuki area bisnis online di internet adalah SEO atau search engine optimization atau optimasi mesin pencari. Kemudian banyak orang yang masuk ke dalamnya dan larut sampai menghabiskan waktu untuk belajar seo pada saat pertama memulai belajar nge-blog. Sepertinya ada opini yang terbentuk bahwa memulai bisnis online dengan membuat blog harus dimulai dengan menguasai SEO. Benarkan demikian?

Sebagai pengingat saja, bahwa SEO adalah sebuah upaya yang dilakukan pada sebuah halaman website atau blog, agar mendapatkan posisi bagus di hasil pencarian pada mesin pencari (SERPs). Dan mesin pencari yang paling ditarget sampai saat ini adalah Google dan disusul Yahoo serta MSN. Pemula yang baru saja mengenal dan memulai membuat blog, jika kemudian banyak memusingkan so'al SEO, tentu ada akibat positif dan akibat kurang positifnya.

Hal positnf yang bisa didapat ketika pemula belajar ngeblog seperti ibarat memulai pelajaran kelas 2 pada saat masih di kelas 1. Jika kemudian mampu dan menguasai, tentu sangat bagus. Ini seperti lebih maju 2 langkah. Menurut saya SEO bukan hal pertama yang perlu dan harus dipusingkan ketika pertama mulai blogging, tetapi yang terpenting adalah sekali lagi ciptakan artikel atau konten blog yang berkualitas dan bermanfaat buat banyak orang. Fokus saja pada posting dan usahakan kontinyu dan dan konsisten.

Perbanyak pengetahuan tentang blogging, bagaimana belajar menulis artikel yang bagus, bagaimana mengupayakan posting yang rutin dan terarah, dan tidak perlu banyak mengunjungi iklan iklan 'uang otomatis, 'skema cepat kaya', ATM meledak dan lain sebagainya. Tetap jaga kesadaran 100 % jika sampai masuk ke tawaran2 seperti itu, karena biasanya pemula lah yang paling banyak dibikin pingsan tak sadarkan diri membaca tawaran semacam itu.

Hal yang kurang positif jika pertama langsung larut dalam SEO, tentu ini membengkelai waktu dan tenaga untuk memahami dan belajar tentang teori teori SEO yang banyak terdapat di manapun. Hal ini akan menyebabkan blog yang baru Anda buat, menjadi kacau, tak punya arah jelas dan tidak tertarget. Menjadi jarang update bagi pemula kadang juga disebabkan karena hal ini. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk belajar dengan browsing tentang teknik-tehnik SEO, bagaimana onpage, bagaimana offpage, apa itu black hat, white hat dan seterusnya.

Berapa jam Anda online dalam sehari, 2 jam, 3 jam, atau bahkan 18 jam? dengan waktu sebanyak itu, berapa posting yang berhasil Anda publish?. Apa semuanya untuk belajar SEO atau mencari referensi untuk membuat artikel baru sesuai dengan niche Anda?.Atau karena makin banyak belajar, kemudian makin bingung dan akhirnya tidak ada satupun posting baru di blog Anda hari ini?!!

Bagi waktu blogging dengan pas dan berimbang. Berapa banyak untuk belajar, dan berapa banyak untuk praktek. Karena bagaimanapun juga, 'learning by doing' adalah senjata paling ampuh dalam segala hal yang positif tentunya. Tidak perlu untuk pusingkan SEO saat pertama mulai blogging, dan yang jelas ada saat yang tepat kapan harus mulai pusingkan SEO.

sumber: http://furqonblumah.blogspot.com/2010/08/haruskah-pemula-pusingkan-seo.html
Baca selanjutnya...

Panduan Power Supply ( PSU )

Disclaimer:
Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang PSU. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatan adalah semata untuk pertimbangan kesederhaan dan kemudahakan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan power supply. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining .

I. "Nilai" dari sebuah Power Supply
ketika kita merencanakan untuk merakit komputer seringkali komponen ini paling sering kita kesampingkan. PSU seringkali direndahkan dan mendapatkan perhatian paling kecil. Banyak juga dari kita seringkali berpikir membeli casing yg sekaligus dibundle dengan PSU, padahal seperti yg kita tau PSU bundle (kebanyakan) adalah PSU yg abal2, meski ada produsen casing yg membundle casing mereka dengan PSU top. Godaan untuk mengabaikan power supply adalah godaan paling manusiawi terhadap para sistem builder dengan berbagai alasan, misal "Kalo memakai PSU dari casing kita kan bisa mengunakan uang untuk VGA yg lebih bagus" atau "Dengan ngirit duit karena pake PSU murah kita kan bisa dapat CPU yg lebih kenceng/baik". Sangat penting jika kita bisa memiliki pemahaman yg benar tentang power supply, sehingga kita bisa menempatkan POWER supply di posisinya. Juga kita perlu mengetahui jargon-jargon yg digunakan oleh pembuat PSU, dan mengerti bagaimana parbik PSU membuat kita berpikir bahwa PSU mereka lebih baik dari kenyataan.

II. Spesifikasi Power Supply
Setiap power supply memiliki label yg melekat di body PSU, informasi yg tertulis di PSU biasanya terdiri dari spesifikasi yg disajikan oleh pembuatnnya.

Apa itu satuan Watt?
Untuk memahami daya power supply (watt) kita perlu menengok sebentar mengenai Tegangan (Volt) dan Arus (Ampere)
* 'Voltase' adalah potensi tenaga diantara dua titik.
* 'Ampere' adalah tingkat aliran elektron.
* Satu watt adalah perkalian antara tegangan (V) dan arus (A)
Oleh karena itu biar mudah singkatannya adalah sbb:
Watt = W
Voltase = V
Ampere = A

Apa itu "RAILS"?
Rail adalah sistem pengantaran tenaga. PSU hari gini biasanya dibagi menjadi +3.3v, +5v, +12v, -5v dan -12v. Meski ada yg negatif, yg perlu kita perhatian cukup yg positif saja, (kecuali anda berminat mendalami tentang power supply)

Dengan melihat rail diatas kita bisa menentukan seberapa besar output sebuah power supply.
Contoh:
* Rail 1 =+3.3v rail*30a = 100w
* Rail 2 =+5v rail *30a = 150w
* Rail 3 =+12v rail*25a = 300w
Grand total dari PSU diatas adalah 550W. Tapi tunggu dulu, angka 550W seringkali diselewengkan oleh pembuat PSU

Multiple Rails PSU
Trend masa kini adalah komponen komputer lebih banyak menyedot tenaga dari rail 12V, karena itu kebanyakan psu skrg ini memecah +12vnya menjadi dua atau tiga bahkan empat rail. Multiple rails membuat komputer lebih stabil dan dingin karena pasokan yg stabil.

III. Standar Power Supply
Yg banyak beredar dan digunakan adalah ATX, 20 pin. ATX EPS12v digunakan untuk server, standar ini dikenali dengan 24 pin konektor dan 8pin +12v tambahan. BTX kepanjangan dari Balanced Technology Extended, lebih ditujukan untuk mengantisipasi panas sehingga orientasi PSU ada dibawah.Bbrp produsen PSU sudah mengklaim bahwa PSU mereka adalah BTX ready.

IV. Istilah-istilah Populer Power Supply


Hold-up Time
Hold up time adalah ukuran seberapa PSU masih sanggup memberikan power ketika input listrik tiba2 terputus. Jika listrik terputus dan dalam waktu yg singkat kembali ON, maka PSU sanggup mengkompensasi hilangnya pasokan listrik, -serasa listrik nggak putus-. Makin lama Hold up time biasanya menandakan kualitas PSU, demikian juga menandakan PSU tersebut mengunakan komponen yg baik.

Voltage Regulation aka Ripple
Beban pada sebuah power supply seringkali tidak konsisten (maen game, idle, dll). Seiring dengan perubahan yg terjadi output tegangan juga bervariasi. Regulasi/Ripple menunjukkan ukuran seberapa banyak perubahan yg terjadi. Kebanyakan PSU jaman sekarang memiliki ripple 5% pada waktu beban datar. Beberapa perusahaan PSU yg top mengklaim ripple 1% which is very-very-very nice.

Over-Voltage Protection
Seperti namanya, fungsinya menjaga saat2 yg tidak dinginkan yaitu voltase naik secara tidak wajar. PSU bisa shutdown secara otomatis demi keselamatan hardware yg dialiri tegangan tersebut.

Power Supply Modular
Terobosan PSu bagi mereka yg suka mod dan kerapihan. tapi modular punya kelemahan yg mendasar, makin banyak kabel yg bisa dicobot, otomatis membuat lebih banyak koneksi dan banyaknya titik2 koneksi kabel memiliki potensi hambatan, hambatan makin besar, makin banyak daya yg terbuang, modular psu adalah wasting energy. Jika memang kebelet banget silahkan dibeli, tapi jika memang anda beli, anda tau apa kelemahannya.


Negative Rails
Untuk apakah rails negatif??? Jaman skrg negatif rail sudah tidak popule dibandingkan dengan positif rails. negatif rails digunakan untuk:
1. ISA cards
2. Serial port or LAN
3. FDD jaman gigit kuda (yup 5.25" FDD)

Apa itu PFC?
PFC = Power Factor Correction. Power Factor adalah ukuran seberapa efisien dalam mengkomsumsi daya listrik. PFC dinilai dari 0 sampai 1. 0 paling tidak efektif, 1 paling efektif, jadi kalo .5 kira-kira lumayan efektif .8 artinya sangat bagus dalam efisiensi.
Ada 2 jenis PFC, pasif dan aktif. PFC pasif mengunakan kapasitor untuk memfilter arus AC dengan tujuan menjaga muatan induksi. PFC Aktif mengunakan rangkaian elektrik untuk mengimbangi muatan induksi.
Konsep yg salah mengenai PFC adalah, PFC sanggup menurunkan tagihan listrik. Hal ini tidak bener kecuali tagihan anda berdasarkan seberapa banyak VA dan PFC, setahu saya di Indo tagihan listrik masih dalam bentuk KW/jam.
Gambar: Label PSu dengan Active PFC

Peak Vs Continuous Power
Continous adalah kemampuan PSU untuk memberikan tenaga setiap saat. Peak adalah semburan tenaga untuk periode waktu tertentu saja, misal 30 detik atau 60 detik. mengunakan psu diatas kemampuan CONTINOUSnya dalam periode waktu yg lama akan mengakibatkan kerusakan. Juga seringkali orang menyebut Continous dikenal sebagai PURE PSU.

Adjustable Pots
Seringkali berupa potensio meter yg memungkinkan anda menyesuai akan tegangan tiap rail. Misal jika tegangan +12v turun menjadi 11.4v dan mengakibatkan ketidak stabilan maka kita bisa menyesuaikan. Tidak semua PSU memiliki fitur ini, dan juga adjustable pots adalah fitur bagi hardware freak, kalo anda masih noobie sebaiknya konsultasi dulu, hingga kerusakan yg tidak diharapkan bisa dihindari.
Gambar: PSU dengan Adjustable Potensio Meter

V. Panduan membeli PSU?
Silahkan mengunakan PSU kalkulator berikut, jika anda sedang dalam merencanakan sebereapa besar kebutuhan komputer anda.
Zippy Calculator
JSCustom PSU Calculator
OuterExtreme Power Supply Calculator <<< GOOD ONE PSU mana yg layak beli? PSU mana yg harus dihindari? VI. Konsumsi dan rail yg terpakai menurut Komponen Komponen.....................Daya terpakai.......... .Rail yg digunakan AGP Video Card............30 – 50W.................+3.3V PCI Card........................5 – 10W..................+5V 10/100 NIC....................4W......................... .+3.3V SCSI Controller............20W......................... +3.3V and +5V Floppy Drive.................5W.......................... +5V CD-ROM......................10 – 25W...................+5V and +12V DVD-ROM...................10 – 25W...................+5V and +12V CD-RW.....................10 – 25W.....................+5V and +12V 7200rpm IDE Hard Drive....5 – 20W.............+5V and +12V 10,000rpm SCSI Drive......10 – 40W..............+5V and +12V Case/CPU Fans.............3W/biji.....................+12V Motherboard...............25 – 40W...................+3.3V and +5V RAM.......................8W per 128MB...............+3.3V OR +5v* Pentium III Processor.....38W......................+5V Pentium 4 Processor.......70W......................+12V AMD Athlon Processor......70W..................+12V Cold Cathod Light.........3.7w LED Fan (4 LEDs)..........1.6w VII. Study Kasus PSU ecek2 Sejauh ini mungkin anda berpikir PSU murahan adalah ide yg buruk. Mari kita liat PSU kacangan bestech yg ada di samping saya. Mendapat label "AMD Approved" PSU. 450W 28A +3.3V 30A +5V 15A +12V rail +12vnya cukup untuk spek minimum, jangan berpikir kalo nambah HDD akan jadi pilihan bijak. PSU ini juga bertenaga untuk nyetrum +3.3v dan +5v, tapi tidak sepenting tegangan +12v pada masa sekarang ini. Yg perlu jadi pertimbangan utama adalah tegangan 12v dan PSU 450W ini hanya memberikan tenaga sebesar 180W pada 12v, jadi silahkan ambil kalkulator apakah PSU ini cukup apa enggak buat sistem anda. VIII. Pertanyaan Mengenai 24Pin PSU Pertanyaan: Apakah saya perlu pake 24pin PSU karena motherboard mengunakan konektor 24pin? Jawaban: Tidak perlu. Semua mobo baru, seharusnya bisa jalan dengan 20 pin PSU (ATX biasa). Gambar: 24pin Konektor Power Supply




Pertanyaan: Apa fungsi dari 24pin/ATX 2.0?
Jawaban:4 pin tambahan diperuntukkan untuk mensupply +12v, +5V dan +3.3v dan ground ke slot PCI express.

Link mengenai konektor2 di PSU

IX. Trik Seputar Power Supply
Link: Bagaimana Mengukur Rail PSU dengan Multimeter Digital?
Link: Bagaimana menyalakan PSU langsung dari konektor?
Link: PSU FAQ

X. Penutup
Jika anda lain kali hendak merakit komputer, tolong berikan pertimbangan dan alokasi terbaik untuk PSU dan yg paling penting adalah sesuai dengan kantong anda . Jika anda hendak bikin komputer dengan dana berapapun, saya kira 15% dari dana diatas layak dialokasikan untuk membeli PSU. PSU yg tangguh akan memberikan umur yg panjang untuk komponen yg lain. PSU yg baik juga sanggup memberikan overclock lebih tinggi atau paling tidak lebih stabil. Dan yg lebih penting jangan sampai anda nangis bombay karena komponen anda yg mahal rusak/gosong gara2 psu kacangan/abal-abal. PSu adalah investasi yg bagus untuk komputer anda.
Baca selanjutnya...

Berbagai teknik membangun link

Membangun link atau link building adalah salah satu hal terpenting dalam SEO. Semakin banyak link yang keluar masuk, maka akan semakin lebar membuka kesempatan mendapatkan posisi di hasil pencarian mesin pencari (SERPs). Link building adalah proses dalam memperoleh link masuk dan keluar kedalam dan dari website / blog kita. Lalu bagaimana cara memperoleh link dan link link seperti apa yang akan benar benar berfungsi terutama dalam pengaruh posisi website / blog di halaman hasil pencarian?

Jika hanya berbicara tentang bagaimana mendapatkan link itu sederhana. Banyak hal bisa dilakukan dan umum sekali dilakukan oleh blogger pemula sekalipun. Tapi kemudian apakah link link yang kita dapat itu adalah link yang bermanfaat untuk blog kita?. Satu hal penting perlu dicatat jika ingin back-link yang dapat memperbagus posisi di mesin pencari yaitu; kualitas link atau link yang berkualitas.

Apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan link yang berkualitas ini? langkah pertama biasanya carilah website atau blog yang mempunyai tema sama (relevant), atau setidaknya masih dalam lingkup niceh atau topik utama website / blog. Sebagai contoh sederhana, website berisi tentang baju muslim jelas ada hubungannya dengan industri tekstil. Nah link dari dan ke situs situs tersebut dianggap sebagai situs yang relevant. Sebagai contoh lain sebuah blog tentang bisnis online jelas berhubungan dengan situs afiliasi, internet marketing, bahkan situs SEO sekalipun.

Setelah mendapatkan beberapa situs situs yang berhubungan dan relevan, carilah informasi apakah mereka membuka kesempatan untuk bertukar link yang sefaham. Jika iya maka segera gunakan sebaik mungkin kesempatan ini. Dan bagaimana jika tidak, masih ada kemungkinan mereka menerima tukar link tetapi biasanya bersifat tertutup atau tidk publik. Tanyakan kepada admin melalui contact info yang disediakan, apakah mereka mau bertukar link dengan Anda. Inilah yang kita kenal dengan istilah reciprocal link. Kebanyakan mereka seharusnya akan menyetujui tetapi tentu mereka harus tertarik dengan Anda dan website Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk link building ini. Tetapi ada beberapa hal penting perlu diperhatikan: Relevansi : Keterangan persisi seperti di bagian atas. PageRank :Secara teori memang seharusnya mendapatkan link dari website atau blog yang mempunyai PR dan kalau bisa PR tinggi 3 ke atas. Memang benar jika untuk keperluan mengejar PageRank dan posisi di mesin pencari. Lalu bagaimana dengan website baru yang tentu saja belum mempunyai PR? Jika hanya karena alasan di atas, pastilah blog atau website baru akan sulit untuk mendapatkan partner dalam bertukar link. Tapi untungnya ternyata banyak pula blog ber PR tinggi yang menerima tukar link dengan siapapun meskipun belum mempunyai PR.

Cara lain populer dalam mencari link adalah menggunakan teknik blog commenting atau komentar pada blog. Satu hal penting adalah komentar pada blog yang menggunakan tag Dofollow. Banyak tool yang bisa kita gunakan untuk dapat mengetahui sebuah blog atau website dofollow atau tidak. Atau paling gampang dengan melihar source code. Kelebihan teknik mencari backlink dengan blog commenting ini adalah tidak perlu merisaukan PR dan lain sebagainya. Yang perlu dilakukan adalah temukan website atau blog dofollow dan tulis komentar dan jangan lupa sertakan link dan anchor text, komentar yang bagus dan jangan SPAM!.

Ada banyak cara lain bisa dilakukan dalam membangun link. Jika menggunakan cara submit direktori pastikan perhatikan PR, kategori, relevansi, inbound link dan traffic di dalam website direktori. Tetapi tidak perlu dirisaukan karena biasanya direktori besar dan terkenal mempunyai semua hal yang dibutuhkan tersebut.

sumber: http://furqonblumah.blogspot.com/2010/07/berbagai-teknik-membangun-link.html
Baca selanjutnya...

Sistem Electronic Fuel Injection ( EFI )


Sistem Electronic Fuel Injection (EFI) merupakan perkembangan dari sistem sebelumnya yaitu karburator. Dalam dunia otomotif, sistem EFI merupakan suatu sistem terbaru dalam pengaturan perbandingan bahan bakar dan udara secara optimal. Komponen-komponen yang terdapat pada sistem EFI umumnya merupakan komponen elektronik.
Komponen EFI terdiri dari beberapa macam sensor yang melakukan pengukuran dalam hal antara lain : jumlah udara yang dihisap, beban mesin, temperatur air pendingin, temperatur udara masuk, saat akselerasi maupun deselerasi, dan lain-lain, kamudian mengirim sinyal tersebut ke Electronic Computer Unit (ECU) dan ECU menjamin perbandingan bahan bakar dan udara (air-fuel ratio) ke silinder-silinder dengan menentukan volume penginjeksian bahan bakar yang bekerja secara kelistrikan sesuai dengan kondisi dan beban dari mesin.

Tujuan EFI (Electronic Fuel Injection) dibuat adalah untuk menutupi kelemahan system bahan bakar konvensional dengan menggunakan karburator. Dimana pada karbuarator terjadi ketidak konsistenan AFR (Air Fuel Ratio/Perbandingan Bahan bakar dengan Udara) yg dihasilkan. Angka AFR yg ideal adalah 14,7 (stoichiometri) pada setiap tingkatan putaran mesin (RPM). Pada karburator biasanya terjadi saat rpm rendah AFR cenderung kaya (rich) sedangkan pada rpm tinggi malah terjadi campuran miskin (lean) atau bisa juga terjadi hal hal sebaliknya.
Kelemahan lain pada karburator adalah proses jalannya hasil pengkabutan bahan bakar + udara dari karburator menuju ruang bakar mengalami kesulitan, krn harus melalui lekukan dan sudut sudut yg tajam pada saluran masuk(intake manifold), dan hasil pengkabutan bahan bakar tsb adalah tidak merata pada setiap silindernya bagi mesin yg menganut multi silinder, tetapi bagi yg menganut single silinder tentu hal tsb tidak menjadi masalah.

Karena keterbatasan peran karburator tsb maka para tukang insinyur menciptakan system bahan bakar pada sebuah mesin dengan menggunakan bantuan perangkat elektronik agar hasilnya lebih efisien terutama adalah menutupi kelemahan2 pada karburator.
Komponen-komponen utama pada EFI system terdiri dari :

1. Injector
2. ECU (Electronic Control Unit) ==> otaknya dari EFI
3. Wiring Harness (Kabel Body)
4. Fuel Pump (Pompa bahan bakar)
5. Fuel Pressure Regulator (Pengatur Tekanan Bahan Bakar)
6. Sensor-sensor, sebagai contoh :
- TPS (Throttle Position Sensor),
- MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor,
- AFM (Air Flow Mass) Sensor,
- IAT (Intake Air Temperature) Sensor,
- RPM Sensor
- Coolant Temperature Sensor
- Vacuum Sensor,
- Crank/Cam sensor... dan lain lain. masih banyak lagi macam sensor sensor.


Cara kerja secara sederhananya adalah :

1. Pada saat kunci kontak di nyalakan ECU akan memeriksa terlebih dahulu kondisi sensor sensor
2. Setelah dapat data input dari sensor sensor spt data suhu udara dari IAT, suhu coolant, crank/cam sensor mengenai basic timing ignition dll
3. ECU akan mengkalkulasi semua input tsb guna menghitung seberapa banyak bahan bakar yg akan disemprotkan melalui injector
4. Start engine ==> engine running
5. Setelah engine running, pada periode ini ECU terus memonitor pengoperasian parameter-parameter mesin melalui sensor2 tsb, gunanya adalah untuk menentukan proses penentuan jumlah bahan bakar yg akan di injeksi kan.

Memang ada benarnya pada mesin2 EFI ini gak perlu di setel setel lagi. jadi boleh dibilang lebih jarang datang ke bengkel. Namun ada bbrp point penting yg harus diperhatikan untuk perawatan mesin EFI ini , yaitu :

1. Jaga kebersihan filter bensin dan udara
2. Jaga kebersihan fuel system ==> injector sangat sensitive dengan kotoran krn lobang2nya sangat halus
3. Jaga kondisi accu agar tetap dalam kondisi prima, krn nyawa ECU berasal dari accu
4. Jaga kondisi wiring / kabel2 dan soket2nya agar tetap bersih dan tersambung dengan benar, ada short (korslet) sedikit aja akan berakibat fatal bagi ECU
5. Perawatan selebihnya sama aja dengan karburator.

Selanjutnya sistem penakar bahan bakar baik yang menggunakan karburator atau sistem injeksi bahan bakar berfungsi sebagai berikut:

* Penakar jumlah udara dan bahan bakar agar diperoleh campuran udara-bahan bakar yang dapat dibakar dengan cepat dan sempurna di dalam silinder
* Atomisasi dan penyebar bahan bakar di dalam aliran udara

Dalam hal ini dikenal parameter yang disebut dengan Air-Fuel Ratio (AFR) yaitu perbandingan jumlah udara terhadap bahan bakar dalam berat. Nilai perbandingan teoritis untuk proses pembakaran sempurna atau disebut juga dengan AFR stoichiometri untuk motor bensin sekitar 14,7. Sistem bahan bakar harus mampu menghasilkan perbandingan udara-bahan bakar yang dibutuhkan di silinder sesuai dengan kondisi operasi mesin. Sebagai contoh pada waktu start dingin, dibutuhkan campuran yang kaya bahan bakar. Dalam kondisi mesin masih dingin otomatis bahan bakar yang menguap hanya sebagian sehingga diperlukan extra bahan bakar untuk memperoleh campuran yang siap dibakar di dalam silinder.

Dewasa ini sudah banyak kendaraan yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar sebagai pengganti karburator dengan pertimbangan sebagai berikut:

* Karburator tidak mampu mengalirkan campuran udara-bahan bakar dengan harga perbandingan yang sama untuk setiap silinder.
* Uap bahan bakar yang lebih berat daripada udara , akan mengalami kesulitan ketika mengalir melalui belokan dan sudut-sudut tajam dari saluran isap (intake manifold)
* Dengan sistem injeksi, bahan bakar dapat dikabutkan langsung ke dalam saluran isap, dekat dengan katup isap
* Lebih presisi dalam mengatur jumlah bahan bakar yang dikabutkan sebagai fungsi dari kondisi operasi mesin yang dideteksi oleh berbagai sensor

Ada dua jenis sistem injeksi bahan bakar untuk motor bensin berdasarkan posisi injektornya, yaitu:

1. Multipoint fuel-injection atau Port fuel injection (PFI), dimana injektor terletak di atas lubang isap (intake port) pada setiap silinder.
2. Single-point fuel-injection atau disebut juga Throttle-body fuel injection (TBI), dimana injektor dipasang sebelum saluran isap yaitu di atas katup throttle.

Kelebihan PFI dibandingkan dengan TBI adalah distribusi campuran udara-bahan bakar yang lebih seragam untuk masing-masing silinder, respon terhadap perubahan posisi throttle lebih cepat, dan lebih akurat dalam mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi operasi. Dengan demikian prestasi mesin menjadi lebih baik, emisi berkurang, dan pemakaian bahan bakar lebih irit. Sebaliknya TBI hanya memerlukan lebih sedikit injektor dan sistemnya lebih sederhana. Dalam sistem ini, distribusi campuran udara-bahan bakar sangat dipengaruhi oleh desain saluran isap.

Selain itu berdasarkan metoda penyaluran bahan bakar, dikenal juga sistem sebagai berikut:

* Injeksi kontinu atau Continuous Injection System (CIS), dimana bahan bakar diinjeksikan secara kontinu dengan laju aliran massa yang terkontrol.
* Injeksi tak kontinu, dimana bahan bakar diinjeksikan selama selang waktu tertentu pada saat diperlukan.

MENGHIDUPKAN DAN MEMANASKAN MESIN EFI (Electronic Fuel Injection)

1. Hidupkan mesin dengan pedal gas yang tidak diinjak sedikitpun;
2. ECU (Electronic Control Unit) pada mesin EFI yang masih dingin akan mengkompensasi putaran mesin secara otomatis, dimana ketinggian putaran mesin tergantung pada suhu udara luar. Semakin dingin udara luar, semakin tinggi putaran mesin. Jadi jangan menginjak pedal gas sama sekali;
3. Putaran mesin akan turun secara otomatis. Untuk suhu pagi hari di Jakarta, biasanya putaran mesin akan turun dalam waktu 5-10 detik semenjak mesin hidup;
4. Mulai jalankan kendaraan perlahan-lahan, jangan di-akselerasi tiba-tiba atau dipaksa berputar pada RPM tinggi atau pada RPM terlalu rendah. Kisaran 2.000 s/d 3.000 RPM cukup ideal untuk periode pemanasan mesin ini. Ya, mesin Anda masih butuh pemanasan, namun bukan pemanasan di tempat seperti yang dilakukan kebanyakan orang melainkan pemanasan sambil jalan!

PERAWATAN MESIN SISTIM ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI)

Pada dasarnya, sistem EFI dibuat tangguh untuk segala kondisi jalan, suhu dan cara mengemudi. Kerusakan atau masalah pada sistem EFI terutama disebabkan oleh:

1. Kualitas BBM yang buruk (nilai oktan yang rendah, bensin oplosan, kandungan sulfur yang amat tinggi pada semua jenis BBM di Indonesia dan ketiadaan aditif pada BBM Pertamina);
2. Kelembapan udara tropis yang sangat tinggi sehingga kandungan sulfur pada BBM bereaksi dengan uap air menjadi asam sulfat di sistem bahan bakar kendaraan dan menimbulkan sumbatan-sumbatan pada injektor dan saluran bahan bakar;
3. Modifikasi sistem kelistrikan kendaraan yang tidak benar, termasuk penggantian kabel busi non-OEM (Original Equipment Manufacturer) maupun pemasangan alarm;
4. Upaya membersihkan injector dengan sistem Ultrasound;
5. ECU (electronic Control Unit) yang kemasukan air;
6. Melepas aki dengan cara yang tidak benar, melakukan jump start dengan cara yang tidak benar serta melepas ECU dengan sembarangan (lihat tips mengenai cara-cara yang benar untuk melakukan hal ini).

Oleh karenanya, lakukankah Tips berikut ini:

1. Ketika menghidupkan mesin perhatikan bilamana indikator tulisan/gambar "Check Engine" pada panel instrumen (tergantung merek mobil) tetap menyala setelah mesin hidup selama beberapa detik, segeralah hubungi mekanik anda;
2. Ketika sedang berkendara dan bilamana indikator Check Engine menyala, segeralah hubungi mekanik anda;
3. Bersihkan dan gantilah saringan udara secara berkala atau tepat pada waktunya;
4. Gantilah saringan bensin (fuel filter) secara berkala, sebaiknya setiap 15.000km atau lebih sering mengingat kondisi BBM di Indonesia yang memiliki kandungan sulfur teramat tinggi;
5. Bersihkanlah throttle body dan idle regulator/ stepper motor secara berkala;
6. Bersihkanlah connector sensor-sensor, connector pengapian dan connector ECU secara berkala;
7. Ganti busi secara berkala dan periksa keregangan celah busi setiap 5.000km atau lebih sering. Gunakan busi tipe R, yaitu yang menggunakan resistor;
8. Hindari ECU (Electronic Control Unit) dari air;
9.Usahakan aki dan sistem pengisian kelistrikan (altenator dan voltage regulatornya) selalu dalam kondisi prima;
10. Jangan sekalipun berpikir untuk memodifikasi voltage regulator dengan sistem cut-out, Anda akan merusak ECU maupun modul pengapian (igniter/ CDI);
11. Jangan berusaha menghidupkan mesin ketika soket injektor dalam posisi terlepas;
12. Jangan sekalipun berusaha menghubungkan injektor dengan arus aki langsung (12 volts) karena injektor beroperasi dengan tegangan 9 volts;
13. Bersihkanlah injektor dan sistem bahan bakar secara berkala dengan sistem pembersih yang aman, misalnya Interject Service;
14. Jangan sekalipun menggunakan sistem pembersih injektor Ultrasound;
15. Jika handak memasang alarm, yakinkan alarm itu dibuat oleh pabrikan besar dan memiliki reputasi internasional, misalkan merek Clifford, Alpine, Kenwood, Avital, dll. Lakukan pemasangan alarm hanya di authorized dealer. Alarm buatan pabrikan yang tidak memiliki reputasi internasional dapat menimbulkan RFI/ MRI yang akan mengganggu fungsi ECU;
16. Jika hendak mengganti kabel busi dgn tipe high performance/ racing, yakinkan bahwa kabel terbuat dari bahan yang tidak menimbulkan RFI/MRI yang dapat mengganggu fungsi ECU.

Pada umumnya sistem injeksi bahan bakar dikontrol secara elektronik atau yang kita kenal dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Sistem ini dikontrol oleh Electronic Control Module (ECM) atau disebut juga Electronic Control Unit (ECU), yaitu berupa chips yang terdiri dari microprosessor dan memory yang dipasang on board pada mobil. ECU ini menerima input berupa sinyal-sinyal elektronik dari semua sensor dan memprosesnya untuk menentukan jumlah bahan bakar yang diperlukan dengan mengatur bukaan katup pada injektor. Tujuan penggunaan dan pengembangan EFI sampai saat ini adalah untuk memperbaiki prestasi motor bakar dan mengurangi emisi gas buang.
Seperti diketahui, beberapa produsen kendaraan di Indonesia telah lama mengaplikasikan Mesin EFI (Electronic Fuel Injection) pada produknya, termasuk merek Astra Group. Namun kita yang masih awam barangkali hanya sedikit tahu tentang apa itu EFI, apa kelebihannya. Mesin EFI adalah mesin yang dilengkapi piranti EFI atau Elecronic Fuel Injection, menggantikan sistem karburator.

Pada karburator, bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin (mekanis/elektrik) dan saringan bensin. Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet.

Pada EFI, bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian (injection duration and frequency) yang dikontrol secara elektronik. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk, sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan terpenuhi sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin. Generasi terbaru EFI dikenal dangan sebutan Engine Management System (EMS), yang mengontrol sistem bahan bakar sekaligus juga mengatur sistem pengapian (duration, timing, and frequency of ignition).

Tujuan pengaplikasian sistem EFI adalah meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel efficiency), kinerja mesin lebih maksimal (optimal engine performance), pengendalian/pengoperasian mesin lebih mudah (easy handling), memperpanjang umur/lifetime dan daya tahan mesin (durability), serta emisi gas buang lebih rendah (low emissions).

Lantas bagaimana prinsip kerja sistem EFI? Jumlah aliran/massa udara yang masuk ke dalam silinder melalui intake manifold diukur oleh sensor aliran udara (air flow sensor), kemudian informasikan ke ECU (Electronic Control Unit). Selanjutnya ECU menentukan jumlah bahan bakar yang harus masuk ke dalam silinder mesin. Idealnya untuk setiap 14,7 gram udara masuk diinjeksikan 1 gram bensin dan disesuaikan dengan kondisi panas mesin dan udara sekitar serta beban kendaraan. Bensin dengan tekanan tertentu (2-4 kali tekanan dalam sistem karburator) telah dibangun oleh pompa bensin elektrik dalam sistem dan siap diinjeksikan melalui injektor elektronik.
ECU akan mengatur lama pembukaan injektor, sehingga bensin yang masuk ke dalam pipa saluran masuk (intake manifold) melalui injektor telah terukur jumlahnya. Bensin dan udara akan bercampur di dalam intake manifold dan masuk ke dalam silinder pada saat langkah pemasukan. Campuran ideal siap dibakar.

Kemudian, mengapa campuran bensin dan udara harus dikendalikan? Kalau tidak dikendalikan, akan menimbulkan kerugian. Jika perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal (tidak dikendalikan) menjadikan bensin boros pada campuran yang terlalu banyak bensin. Selain itu, pembakaran tidak sempurna, akibatnya emisi gas buang berlebihan dan tenaga tidak optimal karena energi kinetis yang dihasilkan pun tidak maksimal. Kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang lebih cepat terjadi. Kemudian, beban kerja mesin dan kondisi lingkungan (suhu dan tekanan) yang variatif akan memerlukan pengaturan relatif kompleks. Sistem EFI lebih mampu mengatasi kondisi variatif ini secara optimal dibandingkan sistem karburator.

Kelebihan Sistem EFI :

Beberapa tahun terakhir ini, telah banyak pabrikan kendaraan mengaplikasikan teknologi injeksi bahan bakar di setiap produknya. Beberapa produsen otomotif memberi namanya macam-macam dan memberi kesan canggih, namun tetap bersistem kerja injection. Lantas, apa kelebihan sistem ini jika dibandingkan dengan karburator?
Teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) sebenarnya tidak dapat dikatakan sebagai teknologi yang terbaru, karena teknologi ini sudah diterapkan beberapa tahun lalu. Dan EFI sebenarnya baru diterapkan pada kendaraan keluaran dasawarsa 1990-an.
Penggunaan EFI saat itu masih terbatas pada jenis sedan (passenger car). Baru di akhir 1990-an dan awal 2000, kendaraan tipe minivan seperti Kijang atau SUV ikut mengadopsi. Pada era sekarang istilah EFI mulai memperoleh saingan: PGM-FI, EPFI, ECFI, T-DIS, VVT-i, i-VTEC, MIVEC, VANOS, Valvetronic, dan sebagainya.
Istilah-istilah itu kemudian diangkat oleh para pabrikan mobil sebagai salah satu nilai jual produk mereka.

Teknologi EFI sebetulnya erat kaitannya dengan sistem manajemen engine (SME). Engine di sini bukan dalam arti mesin, terjemahan dari kata machinery, melainkan motor bakar. Di sinilah bahan bakar minyak (BBM) dicampur dengan udara untuk menghasilkan gaya gerak yang membuat mobil bisa melaju.

SME muncul seiring dengan menipisnya persediaan bahan bakar minyak sehingga menuntut engine yang semakin efisien tanpa kehilangan kinerja yang dihasilkannya.
Selain itu juga adanya tuntutan untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup, terutama akibat polusi udara. Oleh karena tuntutan itu, para ahli engine di setiap perusahaan otomotif dan perusahaan konsultan rekayasa setiap hari berusaha menemukan cara meningkatkan efisiensi engine yang ada.

Untuk mencapai tujuan itu, para pabrikan berlomba-lomba mencari dan menerapkan banyak teknologi baru. Mulai dari peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk mendesain engine, pencarian dan penggunaan material baru, terobosan dalam proses produksi, dan yang terpenting, campur tangan kontrol elektronik dan komputer untuk mengatur kinerja engine dan peralatan pendukungnya.

Engine yang ideal membakar jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan serta menyalakan busi pada saat yang tepat sesuai dengan kondisi operasi. Dari sini didapatkan efisiensi pemakaian bahan bakar yang optimal pada setiap kondisi operasi dari engine. Kondisi ini akan menghasilkan emisi gas buang lebih baik.
Sebelum muncul sistem EFI, untuk mencampur bahan bakar dengan udara digunakan karburator. Dalam karburator ini bahan bakar dikabutkan sebagai akibat dari isapan vakum dari venturi. Proses ini mirip semprotan obat nyamuk bertipe pompa. Namun, sebagai alat yang murni mekanikal, karburator punya keterbatasan sehingga hanya efektif pada daerah operasi tertentu. Sehingga karburator dirancang efektif untuk engine putaran tinggi alias mobil sport. Jadi, tidak cocok untuk dipasang pada mobil minivan yang lebih mementingkan torsi dan tenaga di putaran bawah dan menengah.
Begitupun dengan sistem pengapian, arus listrik dari ignition coil disalurkan ke masing-masing busi melalui distributor. Di sini terdapat mekanisme untuk memajukan atau memundurkan waktu pengapian agar sesuai dengan kondisi engine, yang merupakan gabungan dari vacuum advancer dan centrifugal advancer. Namun, sebagaimana karburator, sistem distributor konvensional ini juga punya keterbatasan, karena hanya optimum pada daerah operasi yang terbatas sesuai dengan karakteristik engine.
Mengingat keterbatasan sistem mekanis itu, para perekayasa berusaha menggabungkan sistem mekanis dengan kontrol elektronik. Gunanya agar diperoleh fleksibilitas yang lebih dalam daerah operasinya sehingga menghasilkan engine dengan kinerja optimum dalam daerah operasi yang lebih luas. Lahirlah apa yang disebut SME tadi.
SME kemudian menjadi perlengkapan wajib bagi mobil-mobil modern. Karena merupakan komponen penting, para pabrikan membungkusnya dalam nama yang berbeda dari pabrikan lain. Toyota dan Daihatsu memberi nama Electronic Fuel Injection alias EFI, sedangkan nama Bosch Motro-nic dipakai oleh BMW dan Peugeot.
Berbagai macam cara dan usaha yang dilakukan untuk mengurangi kadar gas buang beracun yang dihasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor seperti penggunaan BBM bebas timbal, penggunaan katalis pada saluran gas buang, dll.
Sebagaimana mesin 2 langkah yang harus digantikan oleh mesin 4 langkah, sistem karburasi manual akhirnya juga akan digantikan oleh sistem karburasi digital.
Sistem injeksi bahan bakar elektronik (karburasi digital) sudah mulai diterapkan pada mesin sepedamotor, perlahan tapi pasti akan menggantikan sistem yang sudah lama bertahan yaitu karburator (karburasi manual).

Karena mesin mobil merupakan kombinasi reaksi kimia dan fisika untuk menghasilkan tenaga, maka kita kembali ke teori dasar kimia bahwa reaksi pembakaran BBM dengan O2 yang sempurna adalah:
14,7:1 = 14,7 bagian O2 (oksigen) berbanding 1 bagian BBM
Teori perbandingan berdasarkan berat jenis unsur, pada prakteknya perbandingan diatas (AFR – Air Fuel Ratio) diubah untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar atau konsumsi BBM yang ekonomis.

Karburator juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kondisi perbandingan sesuai teori kimia diatas namun dilakukan secara manual. Karburator cenderung diatur untuk kondisi rata-rata dimana mobil digunakan sehingga hasilnya cenderung kearah campuran BBM yang lebih banyak dari kebutuhan mesin sesungguhnya.
Untuk EFI karena diatur secara digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan mobil, ECU akan mengatur supaya kondisi AFR ideal tetap dapat dicapai.
Contohnya: Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika mobil digunakan siang hari dibandingkan malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah pasokkan BBM tetap (ukuran jet tidak berubah).

Hal ini tidak terjadi pada sistem EFI karena adanya sensor suhu udara (Inlet Air Temperature) maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi). Jadi mobil yang menggunakan EFI digunakan siang atau malam tetap optimum alias tenaga tetap sama.

Perbedaan utama Karburator dibandingkan EFI adalah:

Karburator : BBM dihisap oleh mesin, Pengapian Terpisah
EFI : BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin, Sistem Pengapian menyatu


Komponen-komponen dasar EFI
Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut :

ECU – Electrical Control Unit
Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian.

Fuel Pump
Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.

Pressure Regulator
Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).

Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak.

Inlet Air Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak..

Inlet Air Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin, udara bertekanan O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Atmospheric Pressure Sensor
memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar mobil, pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Crankshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.

Camshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin, hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR.

Throttle Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.

Fuel Injector / Injector
Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU.

Speed Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan mobil, memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam, buka INJECTOR berbeda.

Vehicle-down Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi mobil, jika mobil terguling dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.

Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator, karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar. ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor, di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar. Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas, walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit, akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture).

Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah, karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.
Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU, hal ini dapat dilakukan dengan:
1. Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer.
2. Piggyback alat tambahan diluar ECU - bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama.
3. Tukar ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memory-nya, sesuai modifikasi, sesuai kondisi sirkuit.


Note : Diambil dari berbagai sumber (Google, Wiki, Blogspot)
http://cobexonly.blogspot.com/2011/01/sistem-efi.html
Baca selanjutnya...

Apa itu EV-DO?

Belakangan ini operator telepon selular berbasis CDMA rame-rame mengembangkan jaringannya dengan menggunakan jenis layanan baru yakni EVDO. Sebelumnya semua operator hanya menggunakan layanan CDMA 1x 3G. Apakah EVDO itu? bahan-bahan nya apa sajakah? bumbunya apa saja?..lho..lho..lho...(becanda dikit: gak lucu).

EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari "Evolution, Data Only" atau "Evolution, Data optimized". Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. adapun standart yang lainnya adalah W-CDMA.

3G di desain untuk meningkatkan kecepatan data maupun voice dengan memanfaatkan jaringan telepon seluler yang telah ada. Dimana, kendala utama untuk menerapkan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi adalah minimnya bandwidth, atau range frekuensi yang dapat dipakai. Dengan banyaknya frekuensi radio yang dapat ditekan/dirampingkan pada gelombang FM, maka tidak terlalu banyak data yang bisa memnfaatkan bandwidt tersebut. Nah.. Teknologi EVDO yang dikembangkan oleh Qualcomm ini dapat memecahkan masalah ini.

CDMA, Coded Division Multiple Access, menggunakan metode matematis untuk dapat melewatkan multiple wireless devices untuk mengirim data secara bersamaan pada frekuensi yang sama. Setiap perangkat, seperti telepon seluler, ditandai dengan tanda unik matematis. Tanda Unik tersebut diterapkan pada sinyal asli dan dikirim sebagai sinyal modified. Penerima juga menerapkan invers tanda matematika dari sinyal kirim untuk mendapatkan sinyal asli.

Jaringan Nirkabel dulunya memanfaatkan sebuah penghalang antara pengirim dan penerima, seperti kebanyakan telepon tradisional. EVDO, sebagai penggantinya mengadopsi pendekatan yang sama untuk untuk internet. IP, Internet Protocol, memecah data pada pecahan kecil yang kemudian disebut paket. Tiap paket dikirim secara independen terhadap Paket yang lain. Tentu hal ini akan mengirit bandwidth yang memungkinkan dipakai oleh perangkat lain; ketika tak ada percakapan telepon pastinya juga tidak ada paket yang lewat karena tidak ada paket yang dikirim. atau ketika sebuah web site diakses, tidak akan ada bandwidth yang dipakai sampai site tersebut mulai mengirim web pages.

Secara teori EVDO mampu melewatkan 2.4 megabits per second. Tentu saja ini lebih cepat dari DSL dan broadband cable yang ada. Pada sebuah video conference di Amerika, yang digunakan oleh seseorang yang berada didalam kendaraan pada kecepatan 60 mil/jam (90km/jam), sedangkan pada demo yang lain sebuah telepon dicoba dari sebuah bullet train yang bergerak melebihi 150 mil/jam (240 km/jam).

Kelebihan EVDO dibandingkan CDMA biasa, tentu lebih mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru. di Amerika, EVDO dipakai oleh Verizon dan Sprint, di Korea Juga digunakan. Saat artikel ini dibuat EVDO tidak terlalu berpengaruh di pasar Eropa dan Sebagian besar Asia karena di Wilayah tersebut telah memilih 3G sebagai pilihan mereka. Namun Demikian di Indonesia telah ada beberapa operator yang memakai teknologi EVDO. Terimakasih, semoga bermanfaat

sumber: http://furqonblumah.blogspot.com/2009/12/apa-itu-ev-do.html
Baca selanjutnya...

Masalah RAM

Memtest86+

Hari gini Windows udah stabil banget. BSOD (layar biru jelek) yang disebabin bug atau problem pada software udah jarang ditemuin, ga kaya' waktu kita pake Windows 9x kemaren. Jadi sekarang kalo ada problem itu kemungkinan besar lebih ke masalah di hardware.

Salah satu langkah yang disarankan untuk ngechek problem pada PC yang crash atau ga stabil adalah dengan ngetes memori dulu karena memori adalah salah satu jenis hardware yang kemungkinan besar rusak. Memori yang rusak bisa bikin banyak masalah, ya meskipun PC kadang masih bisa jalan juga sih.

Lho, memory udah jalan baik setaun nih, ga mungkin la kalo rusak!

Memori tu bisa "jebol". Memori yang rusak kadang bikin program tertentu hang. Kadang juga memori rusak bikin ga bisa booting. Walopun jarang ada memori error pas di setingan default, tapi memori yang rusak kadang bisa ngurangi kemampuan OC juga.

Ini baru kok, gimana bisa rusak?

Selain bisa baru, memori juga bisa juga rusak. Bisa juga berfungsi normal selama beberapa waktu, terus ga disangka-sangka gagal atau mbikin error-error gitu deh.

Oke, jadi kamu pingin ngetes memori nih. Salah satu software yang bagus buat ngecek adalah Memtest86+. Program aslinya, Memtest86 (ga pake + ) ditulis oleh Chris Brady. Simbol "+" menandakan kalo yang ini udah warisan buatan anggota lain dari tim x86-secret (tau de tim apaan). Memtest86 (yg asli) udah kerja bagus, tapi jarang diupdate buat nyesuain perkembangan chipset ma prosesor. Memtest86+ lebih sering diupdate (kadang malah tiap bulan) dan secara umum support sama hardware terbaru.

Sebelom Mulai

Langkah pertama yang musti ngerti adalah Memtest86+ ga jalan di Windows. Dia pake versi yang kecil dari Linux (yeah) sebagai OS nya, cukupan buat njalanin program tersebut dan munculin GUI yang sederhana. Program ini kecil dan bisa diekstrak masuk ke disket atau bisa juga dijalanin dari USB bootable atau CD (bootable juga lah).

Langkah 1:

Bikin disket bootable atau pake USB bootable. Susah ye? Ga kok. Pertama, pilih kamu mau boot darimana. Saya biasanya pake floppy karena paling cepet aja, lagian ga buang CD blank. Ya tapi banyak juga orang yang ga punya (atau ga mau pake) floppy drive, jadi ya terpaksa harus pake CD. Saya ga nyaranin pake USB karena biasanya lebih rumit. Dan kalo kamu ga punya floppy drive dan CD writer, ya kemungkinan kamu dah gape komputer jadi ga perlu lagi liat guide ini. Doh.

Na sekarang ambil yang buat mbikin boot disk. Klik disini www.memtest.org/#downiso Kamu bakal liat versi terbaru dari pembuat boot disk di bagian teratas dari daftar download. Emang udah dibikin supaya gampang di download, makanya taruh atas sendiri

Disitu ada daftar yang kaya'nya bikin bingung

# Download - Pre-Compiled Bootable ISO (.gz)
# Download - Pre-Compiled Bootable ISO (.zip)
# Download - Pre-Compiled Bootable Binary (.gz)
# Download - Pre-Compiled Bootable Binary (.zip)
# Download - Pre-Compiled EXE file for USB Key (Pure DOS)
# Download - Pre-Compiled package for Floppy (DOS - Win)

Mau pake ya mana?

Untuk bikin CD bootable, pilih Pre-Compiled Bootable ISO (.zip)

Untuk bikin disket bootable, pilih Pre-Compiled package for Floppy (DOS - Win)

yang lain ke laut aje.

Download sesuai pilihan. Daftar diatas ga di link karena sering banget di update takutnya mateho. Check aja versi terbaru di www.memtest.org/#downiso



Langkah 2: Bikin disket atau CD bootable

Bikin Disket bootable

Unzip file yg di download tadi, lalu jalankan "runme.bat" Sebuah batch program akan dijalanin yang akan minta masukin disket kosong. Ya ude, masukin aja disket kosong maka akan ditulisi dengan sangat cepat, udah ada memtest di dalamnya. Tinggal kamu sekarang boot dari disket itu, memtest udah otomatis jalan.

Bikin CD boootable

Dalam file zip yang kamu donwload disitu ada file ISO nya. Kamu bisa gunakan sofware buat burning CD yang udah populer macam Nero atau Roxio buat nge burn ISO file tersebut ke CD-R. harap diingat aja, ISO file ini harus di burn sebagai file image. JANGAN nge burn ISO dengan langsung ngopy file ISO ke CD-R nya karena bakal ga jalan. Liat-liat manual nya software burning kamu deh. ISO file ini pada dasarnya suatu "paket" dari bentuk CD yang udah jadi, cuma di kompres supaya lebih mudah dipindah-pindah aja. Dalam file ini udah ada boot sector dan directory tree dari CD. jadi jelas kan kenapa ISO ini kudu di ekstrak dan ditulis ke CD?

Kalo pake Nero, file ISO bisa diburn dengan milih opsi BURN IMAGE dalam menu RECORDER.

Nah kalo disket udah jadi atau ISO image udah di burn ke CD, maka komputer bisa boot langsung dari floppy atau dari CD dan memtest akan dijalankan secara otomatis. (jangan lupa mengatur pilihan boot dari BIOS).



Langkah ketiga: Pas Memtest 86+ udah jalan

Yang di pojok kiri adalah informasi basic tentang CPU, procesor dan perkiraan bandwith memori. Berikut ini adalah tampilan prosesnya

Dia bakal nunjukin jalannya proses tes tersebut. Bisa makan waktu agak lama juga. Bisa ngabisin 10 menit pada komputer super cepat, sampai sejam lebih pada komputer rada jamdul. Pada tes dasar ni, ada 8 tes yang berbeda. Baris "Pass" di kanan atas menunjukkan jumlah proses tes yang udah dijalankan. Baris kedua, "Test" menunjukkan progress dari jenis test yang sedang dijalankan. Baris ketiga, "Test #", menunjukkan tes nomer berapa yang sedang dikerjakan (1-8).

Yang paling penting di sini adalah baris "Error". Kalo kamu liat ada error SATU aja, berarti RAM kamu dudulz. kalo kamu liat angka selain "0" dalam baris "Pass" maka memori kamu masih bagus. Gampang kan?


Apa yang harus dilakukan kalo Memtest 86+ bilang ada error?

Kalo ada ditunjukin error disitu maka ada beberapa hal yang kudu dicek dulu.

Pertama, kalo punya beberapa keping RAM, maka tes masing-masing RAM secara sendiri-sendiri, yang lain dicabut yang mau dites dibiarkan terpasang. Kalo RAM nya kebukti masih bagus, cek pake RAM bagus itu di tiap slot, siapa tau slot DIMM nya yang rusak. jangan salah, slot DIMM bisa rusak juga lo.

Kalo memori nya masih garansi ya bisa langsung di RMA ke suplier atau perusahaan yang bikin. Lebih bagus lagi kalo disertakan hasil tes Memtest dalam formulir RMA.

Jika kamu maenan overclock, maka seting FSB yang terlalu tinggi bisa bikin memori jadi error, sama halnya dengan ngeset RAM di under-voltage. Coba jalanin standar atau naikin voltage RAM kamu siapa tau errornya ilang.

sumber: http://cobexonly.blogspot.com/2006/05/masalah-ram.html
Baca selanjutnya...

Kelemahan VoIP Ditemukan, Tapi Dirahasiakan


Jakarta - Sebuah perusahaan menemukan berbagai kelemahan pada sistem telepon berbasis protokol internet alias Voice over IP (VoIP). Namun temuan itu dirahasiakan agar tak dimanfaatkan pihak jahat.

Seperti dikutip detikINET dari Cellular-News, Minggu (29/6/2008), kelemahan itu ditemukan oleh VoIPshield Lanoratories, sebuah perusahaan spesialis keamanan jaringan suara lewat protokol internet. Kelemahan itu jika dieksploitasi konon bisa merusak perusahaan pembuat perangkat VoIP yang ada saat ini.

VoIPshield menolak untuk menyebutkan kelemahan yang mereka temukan secara spesifik. "Kami tak mau memberikan amunisi pada para hacker," ujar Bogdan Materna, Chief Technology Officer VoIPshield.

Namun mereka mengatakan akan bekerjasama dengan vendor VoIP untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Avaya, Cisco dan Nortel disebut telah mengetahui kelemahan itu dan telah mengembangkan cara untuk mengatasinya.
( wsh / wsh )

Sumber : DetikNet
Baca selanjutnya...