Sabtu, 26 Maret 2011

Bagaimana Memperlakukan Gigitan Nyamuk?


Bandung khususnya akhir-akhir ini sedang mengalami kekeringan, kebakaran terjadi dimana-mana. Musim ini biasanya disertai dengan banyaknya nyamuk yang beredar dipasaran(loh?kayak barang aja). Nyamuk sangat cepat berkembang biak di musim seperti ini. Berikut adalah tips memperlakukan kulit yang sudah digigit oleh nyamuk.
1. Pertama-tama bersihkan kulit yang terkena gigitan dengan menggunakan sabun dan air. Lakukan secepat mungkin ketika gigitan terlihat. Kemudian tunggu hingga kulit kering dan bersih.
2. Hindari menggaruk gigitan nyamuk. Gatal yang diakibatkan gigitan nyamuk hanya berlangsung beberapa hari saja jadi tahan jangan sampai digaruk. Jika Anda memaksa untuk menggaruk maka gatal akibat nyamuk tersebut akan menjadi lebih lama dan semakin tidak nyaman.
3. Buatlah adonan baking soda dan air. Gunakan air yang cukup agar adonan menjadi lebih lengket. Oleskan pada bagian yang gatal.

4. Gunakan sabun kembali untuk menggosok gigitan. Lakukan hal ini secara berulang-ulang.

5. Tempelkan es yang sudah dibalut dengan kain langsung di tempat yang gatal.

6. Oleskan lotion yang mengandung pramoxine untuk mengurangi rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk. Bahan lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan rasa gatal adalah menggunakan 1 persen hydrocortisone, cara pemakaian lihat pada kemasan yang Anda beli.

7. Gunakan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau naxopren untuk mencegah kulit menjadi merah atau bengkak.

8. Gunakan juga anti-histamine seperti benadryl untuk mencegah kulit memerah atau bengkak.

9. Jangan menggaruk gigitan nyamuk tersebut, rendam saja di dalam air daripada menggaruknya.

10. Terakhir gunakan aloe vera untuk mencegah garukan dan kulit memerah.

Ternyata banyak sekali ya yang harus dilakukan jika kita tersengat nyamuk. Tips ini bagus untuk orang yang menjaga kulit selalu sehat dan cantik, terutama wanita. Apa yang Anda lakukan ketika digigit nyamuk?

Dikutip dari ehow.

sumber: http://rifkiwijaya.wordpress.com/2009/08/08/bagaimana-memperlakukan-gigitan-nyamuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar