Sabtu, 26 Maret 2011

9 Musuh dalam Perkawinan

Perkawinan tak selalu menjadi bangunan yang indah. Ada kalanya dihiasi juga oleh konflik. Untuk menjaga keutuhan rumah tangga, ada baiknya Anda kenali dulu musuh-musuh dalam perkawinan berikut ini:

1. Komitmen berlebihan

Sering terjadi pada pasangan muda. Agar pernikahan tidak berantakan, sebaiknya lebih banyak berbagi waqktu satu sama lain jika ingin cinta Anda berdua tetap menyala.

2. Masalah keuangan

Bicarakan di awal pernikahan, bagaimana komitmen Anda berdua mengenai masalah keuangan. Alokasikan uang Anda dengan bijak.

3. Egois

4. Intervensi mertua

Banyak orang tua yang masih sulit memberikan otonomi bagi anak-anaknya yang sudah menikah, apalagi jika Sang Anak adalah anak kesayangan, anak bungsu atau anak tunggal. Jika salah satu suami atau isteri belum sepenuhnya terbebaskan dari orang tua, maka yang terbaik adalah tidak tinggal dekat atau bersama mereka.

5. Harapan yang tidak realistis

6. Tidak memberi ruang gerak

Jika pasangan tidak memberi ruang bernapas yang dibutuhkan pasangan mereka, lama-lama justru akan mencekik dan menghancurkan cinta di antara mereka. Yang perlu diingat adalah bahwa cinta itu harus bebas dan saling mempercayai.

7. Kebiasaan buruk

Sebuah studi menunjukkan, kehancuran pribadi dan rumah tangga sering dimulai ketika dampak kebiasaan atau perilaku buruk seseorang muncul. Jika kita menjaga hidup kita bersih dan tidak melibatkan diri pada permainan yang dekat dengan tindakan kriminal, maka hal-hal buruk akan lebih mudah diantisipasi.

8. Bussines stuff

Kesuksesan bisnis seringkali menjadi pemicu konflik yang bisa membahayakan keutuhan rumah tangga. Gelimang uang dan ketenaran seringkali membuat mereka yang tak siap menjadi lupa dan meruntuhkan rumah tangganya sendiri. Demikian juga dengan kegagalan bisnis.

9. Menikah terlalu muda

Survei menunjukkan, wanita yang menikah pada usia di bawah 17 tahun dua kali lebih berisiko untuk bercerai ketimbang mereka yang menikah di usia 18 sampai 20 tahun.

Nah, jika Anda berniat untuk mempertahankan pernikahan sepanjang usia, tak ada salahnya mengantisipasi hal-hal di atas.

Sumber: NOVA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar