Selasa, 29 Maret 2011

Tips Menghilangkan Trauma Masa Lalu


Rasa trauma mendalam pada seseorang di masa lalu terkadang bisa berdampak pada sifat dan kepribadiannya saat menjalani hari depannya. Trauma tersebut terkadang ada yang mudah dilupakan tapi ada juga yang sulit. Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk dapat mengatasi rasa trauma. 

1) Berdamai dengan diri sendiri
Hidup memang ibarat roller-coaster.suka dan duka datang silih berganti sebagai siklus yg harus di hadapi dgn besar hati.karena itu,tdk perlu menyangkal kekecewaan,kesedihan,dan kemarahan yang anda rasakan. Semakin anda mengingkarinya,hdp anda akan semakin tdk tenang.dgn jujur pada diri sendiri,tanpa di sadari,anda telah memiliki niat memperbaiki keadaan.jika ingin menangis,menangislah.menangis bukan berarti lemah atau kalah.


2)Intropeksi rasional
Melakukan kesalahan(kebodohan) mungkin tdk bisa di hindari.namun yg lbh pntg adalah bagaimana tdk mengulangi kesalahan itu di kemudian hari.jgn pernah lupa mencari akar permasalahan dari problem yg anda hadapi supaya tdk menimbulkan trauma dan tdk terperosok ke lubang yg sama.cobalah untuk rasional dan objektif dalam menilai segala sesuatu.jgn berlebihan menghujat org lain tapi juga jgn menyalahkan diri sendiri.


3) Cintai diri sendiri
Siapa lagi yg akan mencintai diri anda jika bukan anda sendiri ??? apa anda rela hdp yg penuh warna warni harus berubah suram dan buram hanya gara2 sakit hati atau patah hati ??penderitaan hanya membuat wajah anda terlihat kusam dan tbh lemah.rasa sedih yang berlarut akan membuat anda kehilangan semangat.org lain pun akan bertanya2 .well,anda tentu tak ingin di kasihani kan ? tegaskan pada diri sendiri bahwa anda sangat berharga dan hidup terlalu indah untuk di habiskan dalam penyesalan tak berhujung.


4) Berhenti mengingat-ingat
Tanyakan pada diri anda :apa untungnya terus mengingat kejadian buruk yang menimbulkan trauma ?masa lalu sebaiknya hanya boleh di jadikanpengalaman berharga dan tak perlu di ingat trs.ketika kenagan ‘indah’itu terbersit sesekali saaat anda berada di tmpt2 yang pernah di kunjungi bersamanya wajar saja.tapi jika anda sengaja’memutar film’ itu berulang2,jelas ga ada gunanya.bukankah kegagalan adalah kesuksesan yg tertunda ???petik hikmahnya,buang jauh cerita buruknya.


5) Kerja keras dan berlibur
Daripada kepala di isi dgn memori yg menyakitkan,lebih baik alihkan pada pekerjaan.being workaholic untuk sementara gapapa kan ?sayang jika emosi yang berlebihan yang anda rasakan hanya di lampiaskan dengan hal2 yang merugikan diri sendiri(bahkan org lain juga kena getahnya).curahkan pikiran,waktu,dan tenaga amda untuk menyeleseikan berbagai tugas.siapa tau bnyk ide2 bersliweran di otak anda dan anda bisa promosi gara2 sakit hati.
Namun demikian,selain bekerja sekuat tenaga,jgn pelit menyenagkan diri sendiri.isi waktu luang dan liburan anda untuk memanjakan diri.percantik penampilan anda.saat merasa cantik,anda akan merasa lbh bahagia.luluran masage,creambath,atau sekedar refleksi,kenapa nggk ??hang out ke mall baru atau plesiran ke luar kota bersama keluarga dan sahabat juga bisa mengusir kegundahan hati.enjoy the trip and be happy.


6) Ambil atau tinggalkan !!!!!!!
Ini saatnya memilih.anda mau trs di hantui kengangan buruk atau meneruskan hidup dgn opotimisme baru.kebahagiaan anda ada dalam diri anda.mau bahagia atau tdk,andalah yang menentukan.jika ingin memperjuangkan kembali cinta anda boleh saja.selama alasan dan org nya berharga untuk di perjuangkan.tapi jika tdk ,,,,ini saatnya anda memaafkan (forgive) dan melupakan(forget) apa yg terjadi.jgn biarkan diri anda terjebak dalam dilema;enggan melepas tapi juga tak berani mendapatkannya kembali. life must go on.


sumber: http://alld-traceurs.blogspot.com/2011/01/tips-menghilangkan-trauma-masa-lalu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar