Selasa, 05 April 2011

Minyak Wangi Buatan Sendiri

Anda suka bunga? Jika anda tergolong kelompok pecinta wangi bunga pasti tidaklah asing dengan aroma wangi bunga mawar, bunga melati, bunga kamboja, bunga gading dan wangi bunga yang lain. Namun wangi bunga itu tidak akan bisa anda bawa kemana-mana jika tidak mempunyai trik khusus dalam mengolahnya. Wangi bunga itu hanya akan dapat anda rasakan wanginya dalam beberapa hari saat bunga itu mekar di tangkainya atau juga ketika anda petik dan anda letakkan di vas bunga yang dalam beberapa hari kemudian bunga itu layu dan baunya pun menjadi busuk.

Nah... dengan trik berikut ini anda akan bisa mengawetkan wangi bunga yang anda sukai untuk anda simpan atau pun anda berikan pada orang lain yang mungkin sama mempunyai hobi memelihara bunga yang mempunyai bau yang harum. Penasaran? Berikut ini akan saya paparkan mengenai pembuatan bunga menjadi minyak wangi yang tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam pembuatannya.

Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah bunga favorit anda terutama yang mempunyai aroma yang wangi, misalnya melati. Kemudian rendam bunga dalam ceret/teko atau kaleng bekas yang bersih asal nanti bisa tertutup dari udara. Diamkan kira-kira 15 menit. Setelah itu nyalakan kompor lalu siapkan pipa kecil yang panjang kira-kira satu setengah meter (mirip pipa yang digunakan dalam waterpass). Letakkan ceret/teko diatas kompor dan sambung pipa ke dalam lubang tempat keluarnya uap pada ceret/teko yang telah disiapkan tersebut. Setelah air uap keluar melalui pipa, rendamlah bagian tengah pipa di air dingin dan usahakan uap air nanti melewati rendaman air ini. Jika uap air sudah melewati air rendaman dingin ini maka minyak wangi buatan sudah jadi dan bisa disimpan dalam tempat yang sejuk. Maka bunga idaman pun sudah menjadi minyak wangi dan bisa tahan lama serta bisa dibawa kemana-mana.

sumber: http://kulinet.com/baca/minyak-wangi-buatan-sendiri/136/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar