Jumat, 25 Maret 2011

Masalah RAM

Memtest86+

Hari gini Windows udah stabil banget. BSOD (layar biru jelek) yang disebabin bug atau problem pada software udah jarang ditemuin, ga kaya' waktu kita pake Windows 9x kemaren. Jadi sekarang kalo ada problem itu kemungkinan besar lebih ke masalah di hardware.

Salah satu langkah yang disarankan untuk ngechek problem pada PC yang crash atau ga stabil adalah dengan ngetes memori dulu karena memori adalah salah satu jenis hardware yang kemungkinan besar rusak. Memori yang rusak bisa bikin banyak masalah, ya meskipun PC kadang masih bisa jalan juga sih.

Lho, memory udah jalan baik setaun nih, ga mungkin la kalo rusak!

Memori tu bisa "jebol". Memori yang rusak kadang bikin program tertentu hang. Kadang juga memori rusak bikin ga bisa booting. Walopun jarang ada memori error pas di setingan default, tapi memori yang rusak kadang bisa ngurangi kemampuan OC juga.

Ini baru kok, gimana bisa rusak?

Selain bisa baru, memori juga bisa juga rusak. Bisa juga berfungsi normal selama beberapa waktu, terus ga disangka-sangka gagal atau mbikin error-error gitu deh.

Oke, jadi kamu pingin ngetes memori nih. Salah satu software yang bagus buat ngecek adalah Memtest86+. Program aslinya, Memtest86 (ga pake + ) ditulis oleh Chris Brady. Simbol "+" menandakan kalo yang ini udah warisan buatan anggota lain dari tim x86-secret (tau de tim apaan). Memtest86 (yg asli) udah kerja bagus, tapi jarang diupdate buat nyesuain perkembangan chipset ma prosesor. Memtest86+ lebih sering diupdate (kadang malah tiap bulan) dan secara umum support sama hardware terbaru.

Sebelom Mulai

Langkah pertama yang musti ngerti adalah Memtest86+ ga jalan di Windows. Dia pake versi yang kecil dari Linux (yeah) sebagai OS nya, cukupan buat njalanin program tersebut dan munculin GUI yang sederhana. Program ini kecil dan bisa diekstrak masuk ke disket atau bisa juga dijalanin dari USB bootable atau CD (bootable juga lah).

Langkah 1:

Bikin disket bootable atau pake USB bootable. Susah ye? Ga kok. Pertama, pilih kamu mau boot darimana. Saya biasanya pake floppy karena paling cepet aja, lagian ga buang CD blank. Ya tapi banyak juga orang yang ga punya (atau ga mau pake) floppy drive, jadi ya terpaksa harus pake CD. Saya ga nyaranin pake USB karena biasanya lebih rumit. Dan kalo kamu ga punya floppy drive dan CD writer, ya kemungkinan kamu dah gape komputer jadi ga perlu lagi liat guide ini. Doh.

Na sekarang ambil yang buat mbikin boot disk. Klik disini www.memtest.org/#downiso Kamu bakal liat versi terbaru dari pembuat boot disk di bagian teratas dari daftar download. Emang udah dibikin supaya gampang di download, makanya taruh atas sendiri

Disitu ada daftar yang kaya'nya bikin bingung

# Download - Pre-Compiled Bootable ISO (.gz)
# Download - Pre-Compiled Bootable ISO (.zip)
# Download - Pre-Compiled Bootable Binary (.gz)
# Download - Pre-Compiled Bootable Binary (.zip)
# Download - Pre-Compiled EXE file for USB Key (Pure DOS)
# Download - Pre-Compiled package for Floppy (DOS - Win)

Mau pake ya mana?

Untuk bikin CD bootable, pilih Pre-Compiled Bootable ISO (.zip)

Untuk bikin disket bootable, pilih Pre-Compiled package for Floppy (DOS - Win)

yang lain ke laut aje.

Download sesuai pilihan. Daftar diatas ga di link karena sering banget di update takutnya mateho. Check aja versi terbaru di www.memtest.org/#downiso



Langkah 2: Bikin disket atau CD bootable

Bikin Disket bootable

Unzip file yg di download tadi, lalu jalankan "runme.bat" Sebuah batch program akan dijalanin yang akan minta masukin disket kosong. Ya ude, masukin aja disket kosong maka akan ditulisi dengan sangat cepat, udah ada memtest di dalamnya. Tinggal kamu sekarang boot dari disket itu, memtest udah otomatis jalan.

Bikin CD boootable

Dalam file zip yang kamu donwload disitu ada file ISO nya. Kamu bisa gunakan sofware buat burning CD yang udah populer macam Nero atau Roxio buat nge burn ISO file tersebut ke CD-R. harap diingat aja, ISO file ini harus di burn sebagai file image. JANGAN nge burn ISO dengan langsung ngopy file ISO ke CD-R nya karena bakal ga jalan. Liat-liat manual nya software burning kamu deh. ISO file ini pada dasarnya suatu "paket" dari bentuk CD yang udah jadi, cuma di kompres supaya lebih mudah dipindah-pindah aja. Dalam file ini udah ada boot sector dan directory tree dari CD. jadi jelas kan kenapa ISO ini kudu di ekstrak dan ditulis ke CD?

Kalo pake Nero, file ISO bisa diburn dengan milih opsi BURN IMAGE dalam menu RECORDER.

Nah kalo disket udah jadi atau ISO image udah di burn ke CD, maka komputer bisa boot langsung dari floppy atau dari CD dan memtest akan dijalankan secara otomatis. (jangan lupa mengatur pilihan boot dari BIOS).



Langkah ketiga: Pas Memtest 86+ udah jalan

Yang di pojok kiri adalah informasi basic tentang CPU, procesor dan perkiraan bandwith memori. Berikut ini adalah tampilan prosesnya

Dia bakal nunjukin jalannya proses tes tersebut. Bisa makan waktu agak lama juga. Bisa ngabisin 10 menit pada komputer super cepat, sampai sejam lebih pada komputer rada jamdul. Pada tes dasar ni, ada 8 tes yang berbeda. Baris "Pass" di kanan atas menunjukkan jumlah proses tes yang udah dijalankan. Baris kedua, "Test" menunjukkan progress dari jenis test yang sedang dijalankan. Baris ketiga, "Test #", menunjukkan tes nomer berapa yang sedang dikerjakan (1-8).

Yang paling penting di sini adalah baris "Error". Kalo kamu liat ada error SATU aja, berarti RAM kamu dudulz. kalo kamu liat angka selain "0" dalam baris "Pass" maka memori kamu masih bagus. Gampang kan?


Apa yang harus dilakukan kalo Memtest 86+ bilang ada error?

Kalo ada ditunjukin error disitu maka ada beberapa hal yang kudu dicek dulu.

Pertama, kalo punya beberapa keping RAM, maka tes masing-masing RAM secara sendiri-sendiri, yang lain dicabut yang mau dites dibiarkan terpasang. Kalo RAM nya kebukti masih bagus, cek pake RAM bagus itu di tiap slot, siapa tau slot DIMM nya yang rusak. jangan salah, slot DIMM bisa rusak juga lo.

Kalo memori nya masih garansi ya bisa langsung di RMA ke suplier atau perusahaan yang bikin. Lebih bagus lagi kalo disertakan hasil tes Memtest dalam formulir RMA.

Jika kamu maenan overclock, maka seting FSB yang terlalu tinggi bisa bikin memori jadi error, sama halnya dengan ngeset RAM di under-voltage. Coba jalanin standar atau naikin voltage RAM kamu siapa tau errornya ilang.

sumber: http://cobexonly.blogspot.com/2006/05/masalah-ram.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar